3.779 CJH Sumut Telah Diberangkatkan, 43 Jamaah Batal Berangkat ke Tanah Suci

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 22 Juni 2022 - 17:30
kali dibaca
Ket Foto : Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PLIH) Embarkasi Medan menyatakan sebanyak 3.779 calon jamaah haji (CJH) Sumatera Utara telah diberangkatkan ke Tanah Suci. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 43 jamaah batal berangkat dengan berbagai alasan. 

Mediaapakabar.com
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PLIH) Embarkasi Medan menyatakan sebanyak 3.779 calon jamaah haji (CJH) Sumatera Utara telah diberangkatkan ke Tanah Suci. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 43 jamaah batal berangkat dengan berbagai alasan. 

Ketua PPIH Embarkasi Medan, Amri Siregar mengatakan, sebanyak 43 calon jamaah haji di Embarkasi Medan batal berangkat ke tanah suci. Katanya, pembatalan keberangkatan disebabkan beberapa alasan, bukan karena memilih untuk mengundurkan diri sendiri. 


"Alasannya karena sakit, hamil dan meninggal dunia," ujarnya, Rabu (22/6/2022). 


Lanjutnya, total keseluruhan jamaah Embarkasi Medan yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci dengan Kloter terakhir ini, sebanyak 3.779 orang, jumlah tersebut termasuk petugas.


“Maka, dari jumlah ini dapat disimpulkan bahwa sekitar 98,88 persen jamaah haji Sumut berangkat,” ujarnya.


Amri menyebutkan, calon jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 10 berasal dari Padang Lawas Utara (Paluta) berjumlah 140 orang, Tapanuli Selatan 83 orang, Medan semula 41 orang saat ini tinggal 40 orang.


Kota Binjai 2 orang, Labuhanbatu Utara (Labura) 1 orang, Labuhanbatu 1 orang, Deliserdang 1 orang, dan Mandailing Natal 4 orang.


"Bersama jamaah ini juga bergabung 5 Petugas Haji Daerah. Total semua 277 orang jamaah," sebutnya. 


"Satu calon jamaah haji bernama Nurjannah Japangaduan Nasution yang tergabung dalam kloter 10 mengalami sakit hingga akhirnya batal berangkat hari ini," tuturnya. 


Ditambahkan Amri, puluhan calon jemaah haji yang batal ke tanah suci itu akan direncanakan berangkat pada tahun depan.


Terpisah, Koordinator Protokol dan Humas Pembantu Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) Embarkasi Medan, M Yunus terkait jamaah kloter 10 atas nama Nurjannah Japangaduan Nasution (57), batal berangkat karena penyakit hipertensi. 


Warga Jalan Mandala Bypass Medan tersebut, dibatalkan setelah hasil pemeriksaan tim kesehatan dinyatakan tidak layak diberangkatkan. 


"Yang bersangkutan dibatalkan berangkat, karena sakit dan masih dirawat di RS Haji Medan," sebutnya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini