1 PMI Korban Kapal Tenggelam di Batam Ditemukan Tewas di Singapura

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 22 Juni 2022 - 17:38
kali dibaca
Ket Foto : Operasi penyelamatan kapal yang tenggelam di perairan Batam, Kepri. (Dok. SAR Tanjungpinang)

Mediaapakabar.com
Satu orang diduga pekerja migran indonesia (PMI) korban kapal tenggelam di Batam, Kepulauan Riau ditemukan tewas. Korban ditemukan terapung di perairan Singapura.

"Benar, kemarin pada operasi hari kelima, kita temukan diduga seorang PMI yang hilang. Yang menemukan Police Marine Singapura," terang Kepala Kantor SAR Tanjung Pinang, Slamet Riyadi, dikutip dari detikSumut, Rabu (22/6/2022).


Slamet mengatakan korban ditemukan 28 NM (nautical mile) dari lokasi pertama kali kapal kecelakaan. Korban ditemukan pada Selasa (21/6) petang, sekitar pukul 17.55 WIB. Penemuan itu kemudian dilaporkan kepada Kantor SAR pada Selasa malam.


"Dilaporkan ke kami 21.15 WIB hari Selasa atau malam harinya. Kondisi ditemukan di Singapura, di perairan Batu Putih dengan kondisi meninggal. Jenis kelamin laki-laki," kata Slamet.


Setelah penemuan itu, Selamet langsung berkoordinasi dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk identifikasi. Di mana proses otopsi masih terus dilakukan di Singapura.


"Kami sudah koordinasi dengan BP2MI. Ini masih menunggu untuk identitas dan hasil otopsi nantinya," kata Slamet.


Sebelumnya satu kapal jenis speedboat 200 PK dilaporkan kecelakaan dan tenggalam, Kamis (16/6) malam di perairan Batam, Kepulauan Riau. Speedboat itu mengangkut 30 PMI secara ilegal tujuan Malaysia.


Tidak lama setelah kecelakaan, 23 orang berhasil dievakuasi nelayan yang sedang melintas. Terakhir diketahui 23 orang itu adalah warga Nusa Tenggara Barat (NTB).


Selain hilangnya sejumlah PMI ilegal, tim gabungan juga masih mencari tekong atau pengemudi speedboat. Di mana sampai saat ini belum diketahui nasibnya setelah kapal tenggelam. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini