TNI AL Selidiki 34 Kontainer Bahan Baku Minyak Goreng

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 07 Mei 2022 - 12:04
kali dibaca
Ket Foto : 34 kontainer bahan baku minyak goreng diamankan di Medan saat akan diekspor ke Malaysia. (detikSumut)

Mediaapakabar.com
Pangkoarmada RI menyebut dirinya belum berjumpa langsung dengan eksportir bahan baku Minyak Goreng (Migor) yaitu RBD Palm Olein ke Malaysia di perairan Belawan, Medan, Sumatra Utara (Sumut). Saat ini kapal MV Mathu Bhum terus diselidiki, penyelidikan ditangani oleh Lantamal I Belawan.

"Jadi sampai dengan saat ini belum ada dari eksportir maupun dari agen yang langsung berkomunikasi dengan saya namun tentu saja di level bawah ada informasi ada minta arahan dan sebagainya terkait dengan tindak lanjut dari penyelidikan ini itu," kata Pangkoarmada RI Laksdya Agung Prasetiawan di Belawan, dikutip dari detikSumut, Jumat (6/5/2022).


Selanjutnya, disinggung terkait pengajuan ekspor minyak goreng itu sebelum terbit larangan ekspor. Agung mengatakan bahwa pihaknya tengah menyelidiki hal tersebut.


"Memang ini terus masih dalam penyelidikan bahwa kapal ini diperiksa dan pada akhirnya ditangkap dan dikembalikan ke dermaga pada tanggal 4 Mei 2022. Terkait dengan proses perizinan, terkait dengan tanggal, terkait dengan berlakunya larangan dan sebagainya ini ditangani Lantamal I," sebut Agung.


Sebelumnya diberitakan, kapal MV Mathu Bhum ditangkap TNI-AL di perairan Belawan, Medan, Sumut. Kapal itu diamankan lantaran mengangkut RBD Palm Olein atau bahan baku minyak goreng.


"Penangkapan ini diawali dengan informasi dari intelijen pangkalan yaitu dari Lantamal 1 Belawan, yang ditindak lanjuti oleh unsur-unsur Puskamla Koarmada I ditindaklanjuti oleh unsur-unsur KRI yaitu KRI Karotang 872 di bawah kendali Puskamla Koarmada I yang dalam hal ini adalah berhasil menangkap MV Mathu Bhum berbendera Singapore," kata Pangkoarmada RI Laksdya Agung Prasetiawan di Belawan.


Agung mengatakan kapal itu diamankan saat berlayar dari Belawan menuju Port Klang, Malaysia. Kapal itu diduga mengangkut 34 kontainer berisikan RBD Palm olein.


"Pada saat itu berlayar dari Belawan menuju Port Klang Malaysia. MV Mathu Bhum itu telah membawa beberapa muatan kontainer yang di antaranya terdapat 34 kontainer berisikan RBD Palm Olein," sebut Agung.


Agung menyebutkan bahan yang diangkut oleh kapal itu merupakan jenis bahan dilarang sementara waktu untuk di ekspor.


"Di mana hal tersebut merupakan bahan yang merupakan jenis dilarang sementara untuk diekspor," sebut Agung. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini