Teknik Mengajar Agar Jadi Guru Disegani dan Diingat Murid

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 31 Mei 2022 - 13:26
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi.

Oleh : Jansen 
 

Guru sebaiknya tahu teknik mengajar yang baik kepada setiap murid di kelasnya. Saat berada di dalam kelas, guru perlu mengambil kendali atas seluruh kegiatan yang bakal dilakukan ketika belajar dengan murid.


Jika murid senang dengan guru yang tengah mengajar, bisa dipastikan guru tersebut menggunakan teknik mengajar yang tidak monoton. Guru yang seperti ini biasanya disegani dan selalu diingat oleh murid-muridnya. 


Bahkan, sekalipun Anda hanya menjadi guru pengganti. Temukan info di sini CV yang baik untuk melamar sebagai guru pengganti sehingga kedepan bisa lebih sukses.


Lantas bagaimana teknik mengajar terbaik bagi guru yang ingin disegani dan diingat oleh muridnya? Bagi Anda yang penasaran bisa langsung cek beberapa teknik mengajar terbaik untuk murid di kelas berikut ini :


Jangan hanya berdiri seperti patung


Maksud tidak seperti patung di sini adalah guru sebaiknya bergerak saat tengah mengajar di kelasnya. Tidak hanya berdiri atau duduk di meja guru saja. Gunakan teknik mobile teaching untuk mengajar lebih dekat dengan murid.


Atau bisa berkeliling untuk mengetahui setiap situasi kelas atau murid ketika tengah belajar. Apabila di kelas sedang belajar hitungan, coba guru mendekati murid di setiap baris tempat duduk dan lihat bagaimana perkembangan murid. 


Buat agar murid merespon seluruh perhatian


Untuk mengetahui apakah murid memperhatikan kita ketika mengajar atau tidak, guru bisa mencoba berdiskusi  atau berdebat argumen agar murid mampu mengeluarkan seluruh pendapat yang mereka miliki.


Memang tidak banyak murid yang bisa berpendapat dengan baik, bahkan ada beberapa yang terkendala dengan masalah komunikasi. Namun, apapun respon yang mereka berikan, pancing terus untuk selalu berpendapat. Guru juga harus menghargai setiap pendapat yang mereka berikan.


Selain melatih materi pembelajaran agar mudah dipahami guru juga mengajarkan murid untuk berani berbicara serta menerima pendapat orang lain meskipun berbeda pandangan. Hal tersebut menjadi dasar komunikasi yang baik untuk murid di masa depan.


Selalu lakukan variasi


Melakukan variasi pada metode mengajar juga berpengaruh terhadap pemahaman murid kita. Bahkan jika metode mengajar cocok dengan murid di kelas, guru bisa disegani dan tentunya selalu diingat oleh murid meskipun sudah lulus sekolah.


Jangan sampai kelas hanya berdiam diri saja tanpa ada yang berbicara. Hal tersebut tandanya teknik mengajar yang  guru gunakan tidak sesuai atau sulit dimengerti oleh murid. Ada banyak contoh variasi mengajar yang bisa dicoba.


Misalnya, sebelum masuk ke inti pelajaran, di awal belajar coba untuk membuat murid lebih rileks. Contoh, bisa terlebih dahulu menyanyikan lagu yel-yel di depan kelasnya. Atau bisa juga memberikan game yang sesuai dengan mata pelajaran tersebut.


Berikan perhatian lebih pada murid


Mengajar bukan hanya sekedar memberi materi pelajaran untuk murid agar mereka tahu dan mempelajarinya. Proses belajar mengajar juga perlu memperhatikan kondisi murid-muridnya. Di masa lalu, guru biasanya selalu memperhatikan siswa tertentu saja.


Contohnya, si A adalah murid yang paling sering bolos, paling pintar, paling cantik dan sebagainya. Hal atau predikat seperti inilah yang membuat guru mudah mengenali muridnya di kelas. Meskipun bagus untuk dicontoh, tapi guru jangan hanya fokus pada murid tertentu saja.


Sebaiknya, guru juga harus perhatian dengan seluruh murid. Setiap murid selalu mempunyai talenta dan karakter berbeda. Oleh karena itu, guru harus mengetahui satu persatu murid dan mendukung setiap tindakan mereka supaya dapat berkembang ke arah yang lebih baik.


Gunakan teknologi dengan maksimal


Di era sekarang memang sudah serba canggih berkat perkembangan teknologi. Hal tersebut membuat guru harus menyesuaikan teknik mengajar dengan metode tersebut sebaik mungkin. Tujuannya agar metode belajar jadi lebih mudah dimengerti.


Tak ada salahnya memanfaatkan komputer, laptop maupun tablet dalam mempelajari subjek tertentu. Tujuannya agar murid tidak bosan dengan penyampaian yang dilakukan di dalam kelas saja. Tak ada salahnya mengubah text book pelajaran jadi bentuk gambar ataupun audio.


Dengan teknik mengajar yang seperti ini membuat  murid bakal menemukan sesuatu yang dianggap baru serta lebih menyenangkan. Saat ini sudah banyak website edukasi yang bisa dimanfaatkan agar proses mengajar jadi lebih maksimal.


Harus selalu interaktif


Selalu coba memakai metode belajar yang interaktif dengan setiap murid di kelas. Seorang guru tentunya sudah menguasai materi pelajaran yang diberikan kepada muridnya. Namun jangan lupa untuk memperhatikan perkembangan anak.

Murid biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang sesuatu. 


Misalnya, terhadap isu tertentu yang sedang hits dan banyak dibahas pada mata pelajaran. Jangan lupa berikan mereka kesempatan untuk bertanya seputar pelajaran yang akan dibahas.


Dalam hal ini, guru bisa mengawali dengan bercerita terkait pelajaran tersebut. Buatlah murid menjadi bertanya-tanya supaya mereka lebih mudah mengerti serta memahami mata pelajaran tersebut. Gunakan metode ini untuk menyelesaikan pertanyaan dalam pelajaran tertentu.


Menjadi guru yang disegani dan diingat oleh murid adalah keinginan semua guru. Gunakan beberapa teknik belajar yang sudah disebutkan di atas agar guru bisa menjadi sosok yang disegani di mata muridnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini