Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Selama Lebaran, Harga Pangan Hortikultura Naik 100 Persen

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 05 Mei 2022 - 20:22
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi.

Mediaapakabar.com
Berdasarkan pantauan sejumlah harga kebutuhan pokok selama perayaan Hari Raya Idul Fitri, terjadi lompatan harga kebutuhan pokok yang sangat signifikan.

Adapun yang paling mencolok, yakni kenaikan harga pada komoditas cabai merah. Sebelum Idulfitri, harga cabai merah sempat diperdagangkan di kisaran harga Rp20 ribu per kilogram. Namun, ketika lebaran, harga cabai merah mengalami kenaikan hingga mencapai Rp40.000 per kilogram. 


"Kenaikan harga terjadi pada komoditas tanaman hortikultura lainnya termasuk jenis sayuran seperti wortel, tomat dan jenis sayuran lainnya. Tentang kenaikan bahkan menembus 100 persen," kata salah satu pedagang di Pasar Halat Medan, Santi, Kamis (5/5/2022).


Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, kenaikan untuk komoditas hortikultura memang tidak terlepas dari tidak seimbangnya antara pasokan dan permintaan seiring dengan perayaan Idul Fitri yang banyak membuat pedagang maupun petani yang lebih fokus untuk merayakannya.


"Jadi ini sifatnya sementara. Saya menilai kenaikan harga di tingkat konsumen maupun penurunan harga di tingkat petani atau produsen tidak akan berlangsung lama," ujarnya.


Sementara itu, harga komoditas pangan lainnya seperti daging ayam dan daging sapi terpantau tidak terpaut jauh dibandingkan harganya saat sebelum lebaran. Harga daging sapi dan daging ayam masih berada dalam rentang 130 ribuan dan 38 ribuan per kilogram.


Untuk minyak goreng sejumlah pedagang terlihat mulai menurunkan harga jualnya. Minyak curah perlahan mulai dijual di kisaran harga 15 hingga 16 ribu per kilogram. Sangat berpeluang untuk dijual di kisaran 14 ribu per kilogram dalam waktu dekat. 


"Saya berkesimpulan bahwa kenaikan harga sejumlah kebutuhan masyarakat belakangan ini, didominasi oleh komoditas pangan yang tidak tahan lama serta bergantung pada panen petani yang dilakukan secara rutin. Jadi lebaran ini menjadi pemicu ketidakseimbangan pasar saat ini meskipun sesaat," ungkap Gunawan.


Sementara untuk komoditas lainnya seperti beras, gula pasir, bawang merah, minyak goreng terpantau bervariasi dengan kecenderungan stabil. (IK)

Share:
Komentar

Berita Terkini