Korban Kebakaran di Jalan Wahidin Medan Jalani Lebaran dengan Pilu

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 02 Mei 2022 - 19:54
kali dibaca
Ket Foto : Warga yang rumahnya terbakar di Jalan Wahidin, Kecamatan Medan Area mengaku merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah dengan rasa yang teramat menyedihkan. (detik.com)

Mediaapakabar.com
Warga yang rumahnya terbakar di Jalan Wahidin, Kecamatan Medan Area mengaku merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah dengan rasa sangat menyedihkan. Lebaran pertama setelah pandemi Covid 19 ini semestinya dapat dirayakan dengan sukacita. Namun jelang lebaran, hunian mereka hangus dilahap si jago merah.

"Tahun ini lah Idul Fitri yang sungguh menyedihkan sekali. Pahit, tidak bisa kumpul. Jangankan baju baru, makan lontong pun kami nggak," kata Siti Khadijah Nasution sebagai korban yang rumahnya terbakar di Jalan Wahidin, dikutip dari detik.com, Senin (2/5/2022).


Padahal, ia telah menyiapkan bersama keluarganya pakaian baru sampai kue lebaran. Namun apa daya, ia mengaku seluruhnya telah habis terbakar.


"Pupus lah harapan kami. Uang lebaran juga habis terbakar," ungkapnya.


Dia pun menjelaskan ada sebagian dari korban yang rumahnya terbakar menjalankan shalat Id bersama keluarga. Sementara korban lainnya ada juga yang tetap berada di tenda pengungsian BPBD Kota Medan tanpa menjalankan salat Id bersama keluarga.


Sejauh ini, bantuan pangan untuk para korban dikatakannya masih aman. Akan tetapi, ia meminta bantuan ke pemerintah semisal dua keping seng untuk membangun rumahnya kembali.


"Memang kami tidak perlu rumah yang cantik. Yang penting kami bisa berteduh dari hujan dan panas. Karena kami juga masih ada yang punya anak," sebutnya.


Tak lama air matanya pun menetes sewaktu menceritakan kondisinya tersebut. Dia mengungkapkan sehari bekerja hanya dengan membuka usaha warung makan dan suaminya sebagai sopir.


Besar harapannya segera dapat kembali menempati rumahnya kembali dengan keadaan sudah diperbaiki.


Sebelumnya Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau lokasi yang menghanguskan puluhan rumah di Jalan Wahidin, Kecamatan Medan Area. Menantu Presiden Jokowi itu akan mencarikan tempat tinggal sementara untuk para korban kebakaran.


Berdasarkan data yang diterimanya ada 40 rumah yang terbakar dan 154 warga kehilangan tempat tinggal. Bobby mengatakan akan mencarikan tempat tinggal sementara untuk tempat tinggal korban.


"Tempat tinggalnya disiapkan. Fasilitasnya seperti selimut, sleeping bag, bed cover, hingga makanan untuk yang merayakan lebaran itu akan segera kami sediakan," kata Bobby di lokasi, Minggu (1/5/2022).


Bobby mengatakan ada 154 orang yang menjadi korban. Ada korban yang saat ini sudah mengungsi ke rumah saudara.


"Kurang lebih 154 warga jadi korban musibah ini. Sebagian sudah mengungsi ke rumah saudara. Dan sembilan di antara korban ada yang akan merayakan lebaran besok," kata Bobby. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini