Kinerja BPR Sumut Meningkat

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 31 Mei 2022 - 11:38
kali dibaca
Ket Foto : Ketua Umum DPD Perbarindo Sumut Hardey Sabar, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan I OJK Regional 5 Sumbagut, Mangasi Yusliani dan pembicara lainnya pada kegiatan pelatihan, Senin (30/5/2022).

Mediaapakabar.com
Kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan BPR Syariah (BPRS) di Sumatera Utara (Sumut) menunjukkan tren pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya.

Adapun total aset meningkat sebesar 7,49 persen (yoy) dari Rp2,14 triliun menjadi Rp2,29 triliun. Begitupun dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 7,60 persen (yoy) dari Rp1,66 triliun menjadi Rp1,78 triliun, dan pertumbuhan kredit sebesar 13,49 persen yoyo dari Rp1,42 triliun menjadi Rp1,61 triliun.


Hal itu disampaikan Ketua Umum DPD Perbarindo Sumut, Hardey Sabar dalam kegiatan pelatihan hukum kredit dengan tema “Membangun BPR/BPRS yang Tangguh melalui Instrumen Hukum”. Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus DPD Perbarindo Sumut dan OJK Regional 5 Sumbagut, Senin (30/5/2022).


Dia mengakui, kondisi pandemi Covid-19 berangsur-angsur membaik. Aktivitas pelaku UMKM di Sumut mulai bangkit kembali seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang mulai menunjukkan angka positif.


Pelatihan ini berguna untuk meningkatkan kapasitas seluruh anggota Perbarindo khususnya dalam menangani berbagai gugatan di pengadilan.


"Kegiatan pelatihan-pelatihan seperti ini akan dilakukan secara berkala dengan topik selanjutnya mengenai analisa kredit untuk meningkatkan kemampuan account officer untuk  menganalisa permohonan kredit,” ujar Hardey.


Lebih lanjut, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan I OJK Regional 5 Sumbagut, Mangasi Yusliani menyampaikan harapan, pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap hukum-hukum yang berlaku dalam aktivitas perkreditan/pembiayaan.


"Agar penyaluran kredit dapat tersalurkan dengan baik dan dapat menciptakan industri perbankan yang produktif, sehat dan berdaya saing sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat," katanya.


Dalam rangkaian acara pelatihan ini juga dilakukan kegiatan Pembentukan Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Perbarindo Siantar Sekitarnya dan DPK Perbarindo Tapanuli sekitarnya dalam upaya untuk semakin memperkuat kinerja BPR dan BPRS di Sumatera Utara. (IK)

Share:
Komentar

Berita Terkini