Kalemdiklat Polri Dampingi 2.076 Siswa Resimen 51AP dalam Latihan Gladi Wirottama

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 26 Mei 2022 - 16:48
kali dibaca
Ket Foto : Kalemdiklat Polri Dampingi 2.076 Siswa Resimen 51AP dalam Latihan Gladi Wirottama.

Mediaapakabar.com
Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 51 tahun 2022 saat ini memasuki akhir tahap I masa dasar keperwiraan, yang ditutup dengan pelaksanaan Gladi Wirottama, Rabu, 25 Mei 2022.

Kegiatan Gladi wirottama ini diikuti oleh seluruh siswa SIP angkatan 51 tahun 2022 Resimen Satya Intar Adinata Pratapa (51AP).


Gladi Wirottama ini dilaksanakan selama tiga hari dari mulai hari senin 23 Mei 2022 sampai dengan Rabu 25 Mei 2022, kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan latihan Gladi Wirottama dengan Inspektur Upacara Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto.


Selama kegiatan Gladi Wirottama para siswa dituntut untuk dapat mengaplikasikan semua materi yang telah dilatihkan selama masa dasar keperwiraan.


Disamping itu juga dituntut untuk mengerahkan kemampuan dan ketabahan fisik yang prima, karena kegiatan latihan dilaksanakan dengan metode outbound yang harus ditempuh dengan long march yang jarak tempuh selama 3 hari kurang lebih sejauh 80 kilometer.


Kasetukpa Brigjen Pol Mardiaz menyampaikan Kegiatan Gladi Wirottama ini merupakan bentuk pelatihan peningkatan kemampuan para peserta didik agar mampu mengimplementasikan dengan benar 12 karakter kebhayangkaraan yaitu beriman, cinta tanah air, demokrasi, disiplin, kerja keras dan cerdas, professional, sederhana, empati, jujur dan ikhlas, adil, teladan dan berintegritas, serta dapat dijadikan sebagai momentum bagi para peserta didik dalam membangun organisasi Polri. 


"Tujuan kegiatan Gladi Wirottama ini diharapkan nantinya para siswa memiliki kompetensi dasar lulusan Setukpa yaitu, sebagai jembatan pimpinan dan bawahan, wakil manajer atau tempat terdekat dengan bawahan," katanya.


Menurutnya, kepemimpinan tingkat dasar sebagai motivator dan dinamisator perubahan serta peningkatan kinerja, adaptif terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat, mampu menerjemahkan kebijakan pimpinan menjadi penugasan operasional harian di lapangan.


"Pengendalian dan pengawasan anggota di lapangan sebagai kunci sukses jalannya manajemen, selain itu dapat memelihara dan meningkatkan kualitas serta penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepribadian bangsa pada setiap anggota Polri," pungkas Brigjen Pol Mardiaz.


Selain dari jumlah peserta latihan yang banyak yaitu 2.076 orang, ada hal yang berbeda pada pelaksanaan Gladi Wirottama kali ini, di etape hari ketiga yang merupakan hari terakhir latihan para siswa dalam pelaksanaan long march didampingi langsung oleh Kalemdiklat Polri Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycho Amelza Dahniel, M.Si serta pejabat utama jajaran Lemdiklat Polri,  sehingga menambah semangat juang para siswa untuk menyelesaikan latihan dengan sempurna. 


Ditempat finish kalemdiklat polri yang didampingi oleh Kasetukpa, para pejabat utama Lemdiklat Polri, pejabat utama Setukpa dan para Kepala Satuan penyelenggara SIP angkatan 51, menyempatkan diri ramah tamah dengan siswa SIP Angkatan 51 tahun 2022 Resimen 51AP di kawasan danau Situ Gunung. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini