Indonesia Kalah dari Thailand 0-1, Garuda Muda Gagal ke Final SEA Games 2021

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 20 Mei 2022 - 08:13
kali dibaca
Ket Foto : Indonesia Vs Thailand: Garuda Muda Kalah 0-1, Gagal ke Final SEA Games 2021. (Antara)

Mediaapakabar.com
Semifinal SEA Games 2021 laga Indonesia U-23 vs Thailand U-23 tuntas. Skuad Garuda Muda takluk 0-1, gagal ke final. 

Semifinal SEA Games 2021 laga Indonesia U-23 vs Thailand U-23 berlangsung di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022) sore WIB. Selanjutnya di pukul 19.00 WIB ada laga semifinal lainnya antara Vietnam vs Malaysia.


Thailand melakukan tujuh perubahan di starting line-up. Sedangkan dari kubu Indonesia, Asnawi Mangkualam digantikan Rachmat Irianto karena hukuman akumulasi kartu.


Babak pertama ditutup dengan skor 0-0. Indonesia lebih unggul dalam peluang.


Di babak kedua skor tidak berubah, masih 0-0 sampai peluit panjang berbunyi. Pertandingan lanjut ke babak tambahan 2X15 menit.


Thailand akhirnya bikin gol di menit ke-95 via Weerathep Pomphan. Skor tidak berubah sampai akhir, Thailand berhak melangkah ke final SEA Games 2021 cabang olahraga sepakbola dan berpeluang dapatkan emas.


Jalannya pertandingan


Dilansir dari detik.com, babak pertama Indonesia vs Thailand dimulai. Timnas Indonesia U-23 coba kuasai penguasaan bola lebih dulu.


Peluang pertama untuk Indonesia! Di menit kedua, Indonesia dapat tendangan bebas dari jarak sekitar 20 meter. Marc Klok jadi eksekutor, sepakannya masih melebar tipis di sisi kanan gawang.


Peluang lagi di menit keenam. Egy Maulana mengejar umpan terobosan dari permainan bola pendek antara Jauhari dan Witan. Sayangnya, umpan tarik Egy masih bisa disapu barisan belakang Thailand dan berujung tendangan sudut.


Timnas Indonesia U-23 bermain dengan rapat sampai menit kesepuluh. Thailand sedikit kesulitan membongkar pertahanan Skuad Garuda Muda yang rapi dalam bertahan dari setengah lapangan.


Di menit ke-12, serangan Indonesia dari sisi kanan cukup merepotkan Thailand. Kombinasi apik Marselino dan Witan, sayangnya belum menghasilkan ancaman.


Di menit ke-13, Thailand akhirnya mampu lepaskan si kulit bundar ke dalam kotak penalti Indonesia. Tapi umpan lambung dari Ekanit masih mudah diamankan kiper Ernando.


Pertandingan sempat memanas di menit ke-15. Ada benturan di tengah lapangan antara Irfan Jauhari dengan Jonathan Khemdee. Itu setelah, Jauhari yang melakukan pelanggaran kepada Chayapipat saat hendak memenangi bola udara. Wasit hanya memberi teguran baik kepada Jauhari dan bek tengah Jonathan Khemdee yang terlihat emosi serta meminta wasit memberi kartu.


Peluang pertama Thailand di menit ke-25. Benjamin menusuk dari depan kotak penalti, sedikit meliak-liuk, dan lepaskan tembakan keras. Ernando masih bisa menepisnya.


Korawich jadi eksekutor tendangan bebas di menit ke-30. Sepakannya masih mengenai pagar betis dan berujung tendangan sudut untuk Thailand.


Peluang emas Indonesia! Di menit ke-38, Egy Maulana Vikri melepas umpan dari situasi free kick. Rizky RIdho menyambutnya, namun sayang masih belum temui sasaran.


Thailand balas mengancam dua menit kemudian. Chayapipat Supunpasuch lakukan percobaan sepakan jarak jauh yang masih off target.


Di menit ke-45, Egy Maulana jadi eksekutor bola mati lagi. Tendangannya ke depan gawang, hanya berujung tendangan sudut setelah bola kena kepala Korawich.


Dari tendangan sudut tersebut. Klok lakukan tembakan langsung ke gawang! Sayangnya masih kena tiang.


Thailand coba menekan lebih awal di babak kedua. Di menit ke-48, Ekanit lakukan sontekan yang masih melambung tinggi.


Thailand pun menerapkan garis pertahanan yang tinggi. Witan dkk kesulitan untuk bawa bola ke sepertiga akhir lapangan.


Irfan Jauhari bikin peluang di menit ke-52. Sambut umpan dari Klok dari tendangan sudut, setelah dioper Egy, sundulan Jauhari masih mudah diamankan Kawin.


Pertandingan berjalan keras di menit ke-55. Ricky Kambuaya beradu dengan Chayapipat untuk perebutan bola. Wasit meniup peluit tanda pelanggaran dari Kambuaya, yang mana Indonesia sebenarnya berada dalam situasi serangan balik yang baik.


Shin Tae-yong, pelatih Timnas U-23 dan asistennya Nova Arianto sampai memprotes wasit keempat. Beruntung, protesnya dinilai masih wajar dan tidak dihukum kartu kuning.


Thailand kembali terus mendominasi sampai menit ke-65. Giliran Indonesia yang sulit mengembangkan permainan dan kerap lakukan pelanggaran saat kehilangan bola.


Menit ke-71, pemain pengganti Abimanyu lakukan shotting langsung dari tendangan bebas di sisi kanan Thailand. Si kulit bundar masih mengarah ke kiper Kawin.


Nyaris Marc Klok! Di menit ke-78, Klok menusuk ke depan gawang saat menyambut kemelut. Sundulannya masih bisa diselamatkan Kawin.


Dua menit kemudian, Abimanyu lagi-lagi lepas sepakan jarak jauh dari bola mati. Bola mengarah ke pojok atas kanan gawang, Kawin kembali menepisnya.


Serangan balik Indonesia pada menit ke-83. Jauhari memberi umpan pendek ke Abimanyu di depan kotak penalti, namun sayangnya Kawin dalam posisi tepat untuk menangkap bola.


Lagi-lagi serangan balik dari Indonesia. Egy berlari mengejar bola di menit ke-56 sampai ke kotak penalti dan dikawal dua pemain Thailand. Egy menembak bola sambil berlari dengan kaki kiri, tapi bola tidak mengalir deras dan diamankan Kawin.


Thailand gantian mengancam. Di menit ke-89, Chonnapat lepas sepakan keras dari kotak penalti dan bisa ditepis Ernando.


Peluit panjang berbunyi, skor 0-0 tidak berubah dan lanjut ke babak tambahan 2X15 menit.


Thailand kembali ambil penguasaan sejak peluit babak tambahan berbunyi. Indonesia coba terus bertahan dengan rapat.


Gol Thailand!


Thailand cetak gol di menit ke-95. Weerathep Pomphan catatkan namanya di papan skor.


Situasinya bermula dari pemain pengganti, Patrik dengan tenang menguasai bola di dalam kotak penalti Indonesia dan membawanya ke pinggir. Selanjutnya bola dioper ke Benjamin di belakangnya dan melepas umpan tarik ke Weerathep.


Weerathep mampu kuasai bola kala Dewangga gagal meraihnya. Weerathep kemudian lepaskan sepakan kaki kiri keras masuk sempurna!


Indonesia coba bangkit. Akan tetapi, Thailand masih menerapkan garis pertahanan tinggi dan tidak takut berduel untuk menangi bola.


Babak pertama perpanjangan waktu tuntas. Thailand sementara unggul 1-0 atas Indonesia.


Indonesia coba bangkit di babak kedua perpanjangan waktu. Sayangnya, Thailand bertahan lebih rapat dan juga terus berusaha menyerang. Laga pun berjalan makin keras.


Di 10 menit terakhir, Indonesia coba lebih menekan. Tempo panas pun terjadi, kala Kambuaya terlihat mendorong pemain Thailand karena diprovokasi.


Skuad Garuda Muda mandek di lini serang. Saddil dkk kesulitan membongkar pertahanan Thailand.


Laga panas di menit akhir, Firza Andika diberi kartu merah akibat pelanggaran keras. Terjadi keributan di tengah lapangan dengan beberapa pemain lakukan saling dorong dan saling banting.


Rachmat Irianto juga kena kartu kuning kedua, jadi kartu merah. Kartu kuning kedua buat Ricky Kambuaya, juga jadi kartu merah!


Peluit panjang berbunyi, skor akhir 1-0 buat kemenangan Thailand.


Susunan Pemain:


Indonesia: Ernando, Irianto, Fachruddin, Ridho, Dewangga (Firza Andika 103'), Marselino (Abimanyu 64'), Klok, Kambuaya, Witan (Saddil 64'), Egy (Ronaldo Kwateh 90'), Jauhari (Muhammad Ridwan 90') (Rio Fahmi 109'). (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini