Harkitnas 2022 di Sumut, Gubsus Rahmayadi Sebut Momentum Bangkitkan Perekonomian

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 20 Mei 2022 - 19:41
kali dibaca
Ket Foto : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 114 di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan Medan, Jumat (20/5/2022). Pada kesempatan itu juga hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut mengikuti upacara tersebut. 

Mediaapakabar.com
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang digelar di Lapangan Benteng Medan, Jumat (20/5) pagi. Momentum ini dianggap sebagai langkah membangkitkan perekonomian seiring menurunnya penularan Covid-19.

Upacara tersebut dihadiri unsur Forkopimda diantaranya Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Cardin, dan Wakil Walikota Medan Aulia Rachman. Serta diikuti ratusan personel lintas instansi.


Peringatan Harkitnas ke-114 tahun ini, menurut Gubernur, menjadi catatan baik bahwa selama masa pandemi Covid-19 melanda dunia sejak 2020 lalu, kondisi sekarang membawa nilai optimis bangkitnya perekonomian masyarakat.


Dalam pidato Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Jhonny G Plate, yang dibacakan Gubernur, menyebutkan bahwa tema 'Ayo Bangkit Bersama' sebagai seruan kepada seluruh anak bangsa melalui telaah sejarah di balik peringatan Harkitnas yang ditetapkan 20 Mei 1948 oleh Presiden Soekarno.


"Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa," sebut Menteri dalam pidatonya.


Untuk itu, ia berharap semangat Boedi Oetomo relevan untuk diaktualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Apalagi seluruh elemen, tengah berupaya mendorong pemulihan ekonomi nasional, sehingga memerlukan kesatuan dan persatuan yang kuat.


Selain itu, Gubernur juga menyampaikan bahwa saat ini Sumut berada dalam kondisi yang baik dari segi penanganan Covid-19, dimana angka penularan semakin menurun, terutama tiga bulan terakhir.


"Bangkit bersama untuk melawan kezaliman. Saat itu Belanda akan datang lagi untuk menguasai Republik Indonesia, di situlah Boedi Utomo mengajak kaum muda, mahasiswa semuanya untuk bersatu meyakinkan bahwa tujuan nasional harus berjalan," kata Edy.


Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat di Sumut harus terlibat aktif mewujudkan tujuan nasional yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945. 


"Mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa, mensejahterakan kehidupan bangsa dan ikut serta menjaga perdamaian dan ketertiban dunia," pungkasnya. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini