Gerbang Tol Banjir Saat Arus Balik, Bobby Akan Pasang Pompa Air

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 08 Mei 2022 - 02:37
kali dibaca
Ket Foto : Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau Gerbang Tol Bandar Selamat Medan yang sebelumnya terendam banjir saat arus balik mudik lebaran.

Mediaapakabar.com
Gerbang Tol Bandar Selamat Medan terendam banjir saat arus balik mudik lebaran. Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution berjanji akan memasang pompa air di drainase untuk mengantisipasi banjir kembali terjadi.

"Untuk mengantisipasi banjir yang sering terjadi di depan Tol Bandar Selamat, nanti akan dipasang pompa air untuk mengalirkan air ke arah drainase agar air dapat mengalir dengan sempurna," kata Bobby, Sabtu (7/5/2022).


Di akun media sosialnya tersebut, Bobby juga menjelaskan lokasi lain yang rawan terjadi banjir saat terjadi hujan. Salah satunya di Jalan Asia, Medan.


"Nantinya drainase yang ada di Jalan Asia akan dilakukan pembongkaran dan pengorekan. Karena sedimentasi di dalam drainase cukup tinggi," ujarnya.


Selain Jalan Asia, Bobby juga menyiapkan langkah untuk mengantisipasi banjir kembali terjadi di Jalan Emas. Bobby mengatakan akan melakukan pengerukan parit di lokasi itu.


"Penutup aliran air yang ada di Jalan Emas juga akan dibuka agar aliran air dapat mengalir dengan lancar. Parit Emas akan dilakukan pengorekan karena sudah mengalami pendangkalan, dan jika memungkinkan untuk dilebarkan, akan dilebarkan," tambahnya.


Sebelumnya diberitakan, arus lalu lintas di Gerbang Tol Bandar Selamat 3 di Medan, Sumatera Utara macet gara-gara kebanjiran. Hujan deras yang melanda Medan sejak Kamis (5/5/2022) petang menyebabkan kawasan di sekitar pintu tol itu terendam banjir.


Pengelola tol menyebutkan, hujan deras yang terjadi menyebabkan air meninggi di ruas Jalan Letda Sujono tepat di depan gerbang tol itu. Akibatnya, arus kendaraan dari dan menuju gerbang tol melambat dan menimbulkan kemacetan.


"Itu di Gerbang Tol Bandar Selamat 3, itu akses Tanjung Morawa menuju Belawan. Kondisinya memang ada genangan air di jalan arteri sehingga terjadi perlambatan arus lalu lintas," kata Asisten Manajer Transaksi Ruas Belmera, Ferry Sitanggang.


Dia menyebutkan, ketinggian air yang menggenangi ruas jalan di sana mencapai 20 - 30 cm. Hingga Kamis malam, kemacetan masih terjadi di sana. Padahal, saat ini gelombang kendaraan arus balik sudah mulai banyak.


Untuk sementara, petugas masih mengatur lalu lintas kendaraan di sekitar lokasi banjir. Jika kemacetan berlangsung lebih lama, maka pengendara yang hendak keluar dari pintu tol itu, akan dialihkan ke pintu tol terdekat, yakni Gerbang Tol Haji Anif.


"Jadi nanti pengendara yang datang menuju Gerbang Tol Bandar Selamat akan dialihkan. Sementara yang keluar Gerbang Tol Bandar Selamat masih menunggu di jalan arteri. Nanti akan diatur petugas," sebutnya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini