Edarkan Sabu 500 Gram, Pria Warga Medan Baru Dituntut 13 Tahun Penjara

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 19 Mei 2022 - 10:25
kali dibaca
Ket Foto : Jaksa penuntut umum (JPU) Julita Rusmayadi Purba menuntut terdakwa Hamdani dengan pidana 13 tahun penjara.

Mediaapakabar.com
Jaksa penuntut umum (JPU) Julita Rusmayadi Purba menuntut terdakwa Hamdani dengan pidana 13 tahun penjara. Warga Jalan Mistar Gang Gitar, Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Baru, terbukti mengedarkan sabu seberat 500 gram.

Menurut JPU, perbuatan terdakwa tanpa melawan hukum dalam jual beli narkotika golongan I bukan tanaman beratnya melebihi 5 gram.


"Meminta majelis hakim agar menjatuhkan terdakwa dengan Hamdani dengan pidana 13 tahun penjara," kata JPU dalam persidangan di Ruang Cakra 3 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (18/5/2022).


Di hadapan Hakim Ketua Nurmiati, JPU menyebutkan, perbuatan terdakwa diancam pidana dalam Pasal 114 Ayat (2) Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.


Atas tuntutan JPU, majelis hakim memberi terdakwa kesempatan menyusun nota pembelaan pada sidang pekan mendatang.


Sebelumnya JPU menguraikan, kasus yang menjerat terdakwa bermula pada 8 Desember 202. "Sekitar pukul 16.40, saksi  Aiptu Suranta Tarigan, saksi Bripka Dwi Sakti D Ajie dan saksi Briptu Andrew M Nababan anggota Polisi dari Polsek Medan Baru memperoleh informasi dari masyarakat yang layak dipercaya bahwa di Jalan Mistar Gang Gitar No 11 Kel Sei Putih Barat kec Medan Baru sering terjadi transaksi narkotika," kata JPU.


Atas informasi tersebut selanjutnya saksi dan rekannya melakukan penyelidikan dan menuju tempat tersebut dan sesampainya di tempat tersebut para saksi kemudian langsung melakukan penggeledahan.


"Di dalam rumah tersebut tepatnya di dalam kamar dan saksi-saksi langsung mengamankan satu orang laki-laki yang setelah diinterogasi mengaku bernama Hamdani," sebut JPU.


JPU melanjutkan, terdakwa pada saat itu sedang berada di dalam kamar dan dari lantai kamar ditemukan barang bukti berupa satu bungkus plastik berukuran sedang yang pertama berat bersihnya 4,86 gram.


Kemudian, satu bungkus plastik yang kedua berukuran sedang yang berat bersihnya 0,84 gram, lalu 3 bungkus plastik klip kecil masing-masing berat bersihnya 0,08 gram, beserta satu buah bong.


"Terdakwa mengaku mendapat barang tersebut dari Santi yang terdakwa beli seharga Rp5.000.000. Selanjutnya terdakwa beserta barang bukti dibawa ke Polsek Medan Baru guna proses hukum selanjutnya," pungkasnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini