Bencana Alam Melanda, Aksi Sigap dan Tanggap Prajurit TNI AD di Medan Implementasikan Perintah Harian Kasad

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 25 Mei 2022 - 11:09
kali dibaca
Ket Foto : Aksi sigap dan tanggap para Babinsa jajaran Kodim 0201/Medan Kodam I/Bukit Barisan patut diacungkan jempol dan dibanggakan.

Mediaapakabar.com
Aksi sigap dan tanggap para Babinsa jajaran Kodim 0201/Medan Kodam I/Bukit Barisan patut diacungkan jempol dan dibanggakan.

Pasalnya, disaat bencana alam angin puting beliung disertai hujan deras melanda kota Medan sehingga mengakibatkan puluhan rumah warga luluh lantak dan ratusan pohon tumbang, para Babinsa bersama prajurit Yonkav 6/Naga Karimata langsung bergerak cepat membantu evakuasi para warga dan memberesi pohon-pohon yang tumbang menghalangi jalan.


Musibah yang tidak disangka-sangka itu terjadi Minggu 22 Mei 2022 sekira pukul 17.30 Wib juga meluluhlantakan seng-seng sekolah di Jalan Flamboyan Raya Gang Flamboyan VIII, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, beterbangan.


Akibat banyaknya pohon tumbang sejumlah ruas jalan mengalami macet total sehingga para prajurit TNI AD turun langsung membantu bersama Dinas Pertamanan dan warga.


Ditengah derasnya hujan deras, para prajurit TNI AD tidak peduli dengan hujan deras disertai angin kencang, petir dari langit menggelegar bumi. Mereka para prajurit yang selalu membantu kesulitan masyarakat benar-benar diapresiasi para warga kota Medan.


Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad dan Wakapolrestabes Medan AKBP DR Yudi Heri Setiawan dampingi Walikota Medan M Bobby Afif Nasution. tinjau lokasi Karya Bakti dampak hujan deras disertai angin puting beliung menerjang wilayah Koramil 0201-06/MS Kecamatan Medan Sunggal, Senin (23/5/2022).


Peninjauan lokasi pertama di Jln Kutilang Kec Medan Sunggal, pembersihan Rumah yang rusak dampak dari hujan deras dan angin kencang. 


Pembersihan dilakukan oleh personil Babinsa Kodim 0201/Medan bersama petugas kebersihan Kecamatan Medan Sunggal dan dibantu oleh personil Yon Zipur 1/DD sebanyak 28 orang di pimpin oleh Letda Czi Sitepu. 


Rumah tersebut milik Bapak Hardiansuskah , Umur 47 Thn , jln kutilang no 40 Lk 16 Kel. Ssb. Rumah Bapak H. Suka Amran Jl. Kutilang No.43 LK 16, Rumah Bapak Ade Puspita Jl.Kutilang LK.16, Rumah Ibu Rud dan Penyewa Ruko Ibu Dewani Nasution dan Bapak Azwar, Jl Sunggal No.45.


Peninjauan dilanjutkan di Jl TB Simatupang Gang Langgar melihat  Atap/Kanopi Masjid Daud Ali yang rusak dan Rumah Bapak Hamzah yang juga mengalami kerusakan pada atap rumah akibat angin puting beliung. Selanjutnya Rombongan menjenguk seorang anak yang bernama Amir Mustofa umur 6 tahun yang tertimpa Kanopi Masjid Daud yang Roboh, anak tersebut mengalami luka robek yang dijahit sebanyak 16 jahitan.


Sementara itu di lokasi terpisah

Babinsa Koramil 0201-07/MT dibantu personil Yonkav 6 Naga Karinata dan warga bahu membahu membersihkan puing puing reruntuhan atap rumah warga yang tertimpa terjangan angin puting beliung di Jln Flamboyan Raya, Senin (23/5/2022).


Terjangan angin puting beliung terjadi pada hari Minggu, 22 Mei 2022 sekitar pukul 17.00 wib yang memporak porandakan sebagian wilayah Kel Tanjung Selamat yang mengakibatkan belasan pohon tumbang dan beberapa rumah mengalami kerusakan akibat terjangan angin.


Babinsa Kel Tanjung Selamat dibantu Personil dari Kodim 0201 Medan, Personil Yonkav 6 NK, Personil Polsek Medan Tuntungan,Aparatur Kelurahan dan warga bahu membahu membantu menyingkirkan puing puing atap yang terbang.


Pada pukul 12.00 wib kegiatan pembersihan puing puing atap dan ranting ranting dapat terselesaikan dengan baik walaupun di bawah terpaan hujan rintik rintik dan kegiatan sementara dihentikan sembari menunggu bahan yang diperlukan yang sudah dikoordinasikan Danramil melalui Camat Medan Tuntungan dan BPBD. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini