Analisis BMKG soal Gempa M 6,2 Nias Selatan Sumut

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 26 Mei 2022 - 12:29
kali dibaca
Ket Foto: Seismograf, alat perekam getaran gempa (Robby Bernardi/detikcom)


Mediaapakabar.com
Gempa mengguncang Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut). BMKG memperbarui kekuatan gempa (magnitudo) menjadi M 5,9.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas zona outerise," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo, dalam keterangannya, dikutip dari detikcom, Kamis (26/5/2022).


Bambang mengatakan gempa bumi di Nias Selatan itu memiliki mekanisme pergerakan mendatar. Sementara ini, lanjut Bambang, belum ada aktivitas gempa bumi susulan.


"Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Sirombu, Nias Barat dengan skala intensitas II MMI MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," tutur Bambang.


Hingga saat ini belum diketahui ada tidaknya dampak kerusakan dari peristiwa ini. Bambang memastikan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.


"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," imbuhnya.


Dilihat dari situs BMKG, gempa terjadi pukul 22.05 WIB, Rabu (25/5/2022). Pusat gempa berada pada kedalaman 10 km pada koordinat 4,71 LS-92,67 BT. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini