10 Warga Tewas dalam Serangan Rusia di Pabrik Ukraina Timur

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 04 Mei 2022 - 11:09
kali dibaca
Ket Foto : Rusia menyerang Avdiivka, kota industri di utara Donetsk, hingga menewaskan 10 orang dan 15 orang lainnya terluka. (REUTERS/ALEXANDER ERMOCHENKO)

Mediaapakabar.com
Serangan Rusia pada Selasa (3/5/2022) ke Avdiivka, kota di timur Ukraina, telah membunuh setidaknya 10 orang dan melukai 15 orang menurut pernyataan gubernur setempat.

"Setidaknya 10 tewas dan 15 terluka, akibat serangan ke pabrik kokas oleh penjajah Rusia," kata Gubernur wilayah Donetsk Pavlo Kyrylenko di Telegram, seperti diberitakan AFP.


Kyrylenko mengingatkan jumlah korban kemungkinan bertambah. Serangan Rusia itu, ungkap Kyrylenko, terjadi saat pekerja baru saja menyelesaikan sif dan sedang menunggu bus untuk pulang dari pabrik.


"Orang Rusia tahu apa yang mereka bidik," ucapnya.


Avdiivka, kota industri di utara Donetsk yang dikuasai separatis berada di garis depan perang dengan Rusia.


Pabrik kokas di Avdiivka, salah satu yang terbesar di Eropa, telah menjadi sasaran serangan dalam beberapa tahun terakhir ketika pasukan separatis yang didukung Rusia perang dengan pasukan Ukraina.


Rusia dalam beberapa pekan terakhir meningkatkan serangan terhadap wilayah yang dikuasai Ukraina di wilayah Donbas timur, yang sekarang menjadi fokusnya dalam invasi.


Kokas adalah bahan bakar dengan kandungan karbon tinggi dan merupakan produks industri yang penting. Material ini digunakan terutama dalam peleburan bijih besar, tetapi juga bisa dipakai sebagai bahan bakar. (AFP/CNNI)




Share:
Komentar

Berita Terkini