Resmi Diakui Pemerintah, PDSI: Kami Berdiri Terpisah dari IDI!

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 27 April 2022 - 22:26
kali dibaca
Ket Foto : PDSI resmi mendeklarasikan diri sebagai salah satu organisasi profesi kedokteran yang diakui Kemenkumham. (Suara.com)

Mediaapakabar.com
Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia atau PDSI menyatakan bahwa mereka adalah organisasi profesi kedokteran baru yang terpisah dengan Ikatan Dokter Indonesia atau IDI.

Ketua PDSI Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto mengatakan pihaknya sudah mengantongi izin yang berkekuatan hukum sama dengan IDI, sehingga para dokter kini punya pilihan lain untuk bernaung.


"Jadi kami berdiri terpisah dengan organisasi yang selama ini (IDI), kami sudah punya ketetapan hukum dari Kemenkumham, jadi kami resmi diakui oleh pemerintah. Kami di bawah Konsul Kedokteran Indonesia," kata Jajang usai deklarasi PDSI di Hotel Borobudur, dikutip dari Suara.com, Jakarta, Rabu (27/4/2022).


Dia menyebut untuk mendaftar menjadi anggota para dokter juga bisa mendaftar secara online, termasuk para dokter yang ingin berpindah dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).


"Kami nanti pendaftaran akan secara online. Sehingga ada pilihan dari rekan dokter semua untuk memilih organisasi profesi mana yang sesuai hati nurani mereka silahkan mau masuk IDI atau PDSI, tidak ada masalah. Karena kami sama sama sudah diakui oleh negara," jelasnya.


Pendirian PDSI sudah mengantongi SK Kemenkumham dengan nomor AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.


PDSI mencanangkan visi menjadi pelopor reformasi kedokteran Indonesia yang menjunjung tinggi kesejawatan, serta berwawasan Indonesia untuk dunia demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.


Serta mengusung tiga misi, yakni mengayomi dokter dengan bersinergi bersama rakyat dan pemerintah dengan membentuk organisasi yang profesional; Meningkatkan taraf kesehatan rakyat Indonesia dan kesejahteraan anggota; Mendorong inovasi anak bangsa di bidang kesehatan berwawasan Indonesia untuk dunia. (SC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini