Prancis Usir 35 Diplomat Rusia

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 05 April 2022 - 06:43
kali dibaca
Ket Foto : Prancis pada Senin (4/4) mengatakan akan mengusir 35 diplomat Rusia sebagai buntut dari invasi yang dilakukan Moskow terhadap Ukraina. Ilustrasi invasi Rusia terhadap Ukraina. (AFP/ARIS MESSINIS).

Mediaapakabar.com
Prancis pada Senin (4/4/2022) mengatakan akan mengusir 35 diplomat Rusia. Langkah itu dilakukan sebagai bagian dari aksi bersama sejumlah negara Eropa atas invasi yang dilakukan Moskow terhadap Ukraina.

"Prancis memutuskan malam ini untuk mengusir sejumlah diplomat Rusia dengan status diplomatik yang ditempatkan di Prancis yang kegiatannya bertentangan dengan kepentingan keamanan kami," kata Kementerian Luar Negeri Prancis dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari AFP, Selasa (5/4/2022).


Sementara itu, sebuah sumber kementerian yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan pengusiran 35 diplomat Rusia juga dilakukan demi memastikan keselamatan warga Prancis di Eropa.


"Tindakan ini adalah bagian dari pendekatan Eropa. Tanggung jawab pertama kami adalah selalu memastikan keselamatan orang Prancis dan Eropa," katanya.


Selain Prancis, Jerman dan Lithuania pada Senin kemarin juga mengusir sejumlah diplomat Rusia. Untuk Jerman, pengusiran dilakukan terhadap 40 orang diplomat.


Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan langkah itu sebagai tanggapan atas kebrutalan luar biasa yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina. (CNNI/AFP)

Share:
Komentar

Berita Terkini