PLTM Sungai Buaya Sumut Beroperasi

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 06 April 2022 - 06:45
kali dibaca
Ket Foto : Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Sungai Buaya di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara mulai beroperasi pada Selasa (5/4). Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Andry Novelino).

Mediaapakabar.com
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara siap menyerap pasokan listrik dari Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Sungai Buaya di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Pengoperasian PLTM Sungai Buaya ditandai dengan penandatangan berita acara Commercial Operation Date (COD) yang dilakukan antara PLN UIW Sumatera Utara dan PT Landasan Tata Laksana Energi di Kantor PLN UIW Sumatera Utara, Selasa (5/4/2022).


General Manager PLN UIW Sumatera Utara, Pandapotan Manurung, mengatakan PLTM Sungai Buaya memiliki kapasitas 2 x 1,5 MW dibangun oleh PT Landasan Tata Laksana Energi. Dengan beroperasinya PLTM Sungai Buaya dapat menambah penggunaan green energy atau EBT di Sumut.


"Saat ini porsi EBT dalam bauran energi Sumatera Utara mencapai 44,88 persen. Pencapaian ini merupakan pencapaian tertinggi di Indonesia. Kami berharap dengan beroperasinya PLTM Sungai Buaya dapat meningkatkan keandalan pasokan listrik khususnya di Kabupaten Deli Serdang dan sekitarnya," tuturnya dikutip dari CNNIndonesia.com.


Pembangunan proyek PLTM Sungai Buaya ditetapkan dalam RUPTL 2021-2030 sehingga pengoperasiannya menjadi prioritas dalam rangka mendukung green energy.


Dengan beroperasinya PLTM, Sungai Buaya maka PLN UIW Sumatera Utara telah mengoperasikan 18 pembangkit Independent Power Producer (IPP) dengan daya sebesar 131.83 MW.


"Harapannya dengan beroperasinya PLTM Sungai Buaya ini dapat memperbaiki kualitas tegangan dari 20.4kV menjadi 20.6kV dan efisiensi Biaya Pokok Produksi (BPP) di wilayah Sumatera Utara sebesar Rp1,9 miliar," tambah Pandapotan. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini