Menteri ATR Sebut Mafia Tanah Bekerja Sama dengan Oknum BPN hingga Kelurahan

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 03 April 2022 - 23:38
kali dibaca
Ket Foto : Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/Kepala BPN) Sofyan Djalil buka-bukaan soal aksi mafia tanah.

Mediaapakabar.com
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/Kepala BPN) Sofyan Djalil buka-bukaan soal aksi mafia tanah.

Menurut Sofyan, jumlah mafia tanah sedikit namun jaringannya banyak.


Tidak hanya saling bekerja sama dengan aparat penegak hukum, mafia tanah juga sudah banyak yang saling bekerjasama dengan para pegawai di tingkat kelurahan.


"Ada juga mafia bekerjasama dengan orang BPN, bekerjasama dengan oknum kelurahan atau oknum lurahnya sendiri," ujar Sofyan Djalil dalam Market Review IDX Channel, Jakarta, dikutip dari Okezone.com, pada Minggu, 03 April 2022.


Meski mafia tanah memiliki jaringan yang cukup luas, Sofyan Djalil menegaskan bahwa pemerintah akan terus memberantas hal tersebut. Karena keberadaan mafia tanah merugikan banyak masyarakat, dan menguntungkan satu pihak.


"Itu kita perangin, intinya adalah mafia tanah tidak boleh menang," kata Sofyan Djalil.

Sofyan Djalil menegaskan, jika ada oknum BPN terbukti memuluskan rencana mafia tanah, maka tidak akan segan-segan memberikan tindakan keras.


"Orang BPN yang terlibat kita hukum, Notaris atau PPAT yang terlibat kita pecat, karena itu mengkhianati kepercayaan publik," kata Sofyan Djalil.


"Di internal kami, kita ambil tindakan, kita percat, kita turunkan pangkat, kita non job kan, dan lain lain," tuturnya.


Saat ini menurutnya jumlah mafia sudah jauh berkurang, karena tindakan tegas terhadap siapapun yang membantu mafia tanah akan mempersempit ruang gerak mafia tanah. "Para mafia ini sekarang berfikir 7 kali, karena kita komit untuk memerangi mereka," pungkasnya. (OC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini