Menkumham Ajak Gubernur di Seluruh Pulau Sumatera Dorong Potensi Inovasi dan Kreativitas Daerah

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 13 April 2022 - 16:18
kali dibaca
Ket Foto : Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly dalam acara Roving Seminar Kekayaan Intelektual di Hotel JW Marriot Medan, Rabu, 13 April 2022.

Mediaapakabar.com
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly menegaskan komitmen pemerintah untuk mendorong pemajuan Kekayaan Intelektual (KI) di Indonesia guna mewujudkan pemulihan dan pembangunan ekonomi nasional.

Hal tersebut disampaikan Yasonna dalam gelaran Roving Seminar Kekayaan Intelektual pertama yang dihadiri oleh seluruh Gubernur, Lembaga Penelitian dan Pengembangan dari seluruh provinsi di Pulau Sumatera serta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.


Menurut Yasonna, agar Kekayaan Intelektual (KI) dapat menopang perekonomian negara, maka masyarakat Indonesia perlu menerapkan 4 pilar utama KI. Empat pilar itu diantaranya, Penciptaan KI, Perolehan atau Perlindungan KI, Penegakan Hukum dan Komersialisasi KI.


"Ekosistem KI merupakan siklus perputaran ekonomi yang digerakkan oleh inovasi dan kreativitas yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi," kata Yasonna di Hotel JW Marriot Medan, Rabu (13/4/2022).


Karena itu, Yasonna meminta kepada seluruh pemangku kepentingan dari sektor pemerintah dan privat, baik di pusat maupun di daerah untuk saling bersinergi memanfaatkan sistem KI nasional agar dapat mendukung pemulihan dan pembangunan ekonomi nasional.


Selain itu Yasonna menyampaikan bahwa melalui kegiatan Roving Seminar Kekayaan Intelektual yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tersebut dapat menjadi langkah awal komitmen bagi para pimpinan daerah untuk mendorong masyarakat di wilayahnya peduli terhadap terhadap KI.


"Diharapkan roving seminar KI ini menjadi awal komitmen bersama kita untuk memantapkan langkah kolaborasi antara kementerian/lembaga yang saling bersinergi dalam mewujudkan ekosistem KI yang dapat menjadi pilar bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi nasional yang merata di seluruh wilayah Indonesia," pungkasnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini