Luhut Temui Terawan, Dukung Vaksin Nusantara: Kita Harus Hargai Karya Anak Bangsa!

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 06 April 2022 - 05:05
kali dibaca
Ket Foto : Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan temui Terawan, dukung vaksin Nusantara.

Mediaapakabar.com
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menemui Terawan Agus Putranto yang baru saja dipecat Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Alasan Luhut menemui Terawan di tempat kerjanya demi kepentingan pengambilan darah untuk vaksin Nusantara.

Dalam kanal YouTube Askara News, tampak Luhut tengah menjalani proses pengambilan darah untuk diproses menjadi vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Soebroto.


"Ini di tempat dokter Terawan. Saya ambil darah untuk vaksin Nusantara," kata dia dalam video tersebut, dikutip dari iNews.id, Selasa (5/4/2022).


Dia mengaku bangga dengan temuan vaksin Nusantara. Karena itu, dia pun mendukung temuan mantan Menteri Kesehatan tersebut.


“Kenapa sih kita enggak bangga dengan temuan (vaksin Nusantara) karya anak bangsa? Kita terlalu berpikir negatif. Saya coba ini (vaksin). Kita buanglah pikiran negatif. Negatif terhadap anak bangsa sendiri,” ujarnya. 


Menurutnya, kebutuhan dalam negeri tidak harus bergantung pada luar negeri. Pasalnya, banyak karya anak bangsa yang bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga harus didukung dan dihargai. 


“Saya pikir anak bangsa, banyak karya-karyanya. Kita harus hargai (karya anak bangsa). Apa mesti dari luar semua? Kan tidak,” ucap Luhut.


Dia pun berpesan, agar polemik antara Terawan dan IDI bisa segera menemui titik terang. Pasalnya, menurut Luhut, Terawan sudah terbukti banyak membantu pasiennya dengan metode cuci otak Digital Subtraction Angiography (DSA) yang diperdebatkan.


Sementara itu, Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI sebelumnya menilai Terawan melanggar Kode Etik Kedokteran Indonesia (Kodeki) karena dianggap mempromosikan Vaksin Nusantara sebelum penelitian selesai. (II/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini