Lebaran Tahun Ini Bupati Bogor Ade Yasin Menginap di Rutan

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 29 April 2022 - 06:57
kali dibaca
Ket Foto :  Lebaran tahun ini tidak lagi sama untuk Ade Munawaroh Yasin. Bupati Bogor ini bakal menginap di rumah tahanan KPK di momen Idul Fitri 1443 H.

Mediaapakabar.com
Lebaran tahun ini tidak lagi sama untuk Ade Munawaroh Yasin. Bupati Bogor ini bakal menginap di rumah tahanan KPK di momen Idul Fitri 1443 H.

Sebagaimana diberitakan detikcom, Ade Yasin ditangkap KPK pada Rabu (27/4) kemarin. Ade Yasin kemudian digelandang ke kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.


Dia ditangkap KPK karena diduga memberi suap untuk memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).


"Adapun berdasarkan keterangan dan bukti yang ada kita menemukan tersangka sebagai pemberi suap AY (Ade Yasin), Bupati Kabupaten Bogor," kata Ketua KPK Firli Bahuri, dalam konferensi pers.


Ini adalah urusan dugaan korupsi dan penerimaan suap terkait pengurusan laporan keuangan Pemkab Bogor. Beberapa pihak BPK Perwakilan Jawa Barat juga diamankan KPK. Total ada 12 orang yang ditangkap KPK, ada orang BPK, ada pula Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bogor.



Ade Yasin ditahan pada Kamis (28/4) pukul 01.56 WIB dini hari, Ade Yasin menyandang rompi oranye. Tangannya diborgol. Dia ditahan di rutan KPK.


Ade Yasin keluar dari gedung KPK untuk digelandang ke mobil tahanan pada pukul 05.56 WIB pagi. Dia berucap pembelaan diri.


"Ya saya dipaksa untuk bertanggung jawab terhadap perbuatan anak buah saya, tapi sebagai pemimpin saya harus siap bertanggung jawab," kata Ade Yasin saat itu.


Bupati Bogor Ade Yasin Saat Hendak Menuju 

Pemerintah akan menggelar hisab, ijtimak menjelang Syawal pada 1 Mei 2022 nanti. PP Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal jatuh pada 2 Mei 2022.


Selanjutnya, bagaimana kira-kira lebaran di rutan KPK?


Bagaimana kira-kira lebaran di rutan KPK?

Sekilas soal lebaran di rutan KPK, para tahanan biasanya dikunjungi oleh sanak famili di momen Idul Fitri. Ini juga terpantau di momen lebaran tahun lalu.


KPK memfasilitasi keluarga para tahanan KPK untuk dapat mengunjungi keluarganya di Rutan KPK, Gedung Merah Putih, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Pantauan pada lebaran tahun lalu, 13 Mei 2021, para keluarga berdatangan sejak pagi.


Saat itu, pandemi COVID-19 masih mengancam. Petugas di Rutan KPK menerapkan protokol kesehatan dengan mengecek suhu orang-orang yang hendak menjenguk keluarganya di rutan KPK.


Selain itu, tahun lalu, KPK memfasilitasi para tahanan untuk melaksanakan salat Id di Masjid At Taubat Rutan Pomdam Jaya Guntur, Jakarta Selatan. Pelaksanaan salat Id dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga 07.00 WIB. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini