Ketua DPRD Medan Hasyim SE Minta OPD Maksimalkan Serapan Anggaran

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 26 April 2022 - 15:00
kali dibaca
Ket Foto : Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE meminta kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemko) Medan memaksimalkan serapan anggaran.

Mediaapakabar.com
Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE meminta kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemko) Medan memaksimalkan serapan anggaran.

Mengingat, realisasi serapan anggaran sejumlah OPD Pemko Medan tahun anggaran 2021 belum maksimal.


Hasyim SE mencontohkan, Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan. Menurutnya, realisasi serapan anggaran Dinas PU sekitar 60% belum maksimal. Hasyim SE pun meminta agar serapan anggarannya dimaksimalkan. 


"Masalah klasik di Kota Medan ini kan terkait infrastruktur. Apalagi, realisasi serapan anggarannya masih sangat minim, sekitar 60 persen. Kita harapkan, serapan anggarannya dimaksimalkan di tahun 2022 ini," papar Hasyim usai rapat paripurna rekomendasi DPRD Kota Medan terkait LKPJ akhir tahun anggaran 2021 di Gedung DPRD Kota Medan, Selasa (26/4/2022).

 

Hasyim SE pun meminta agar penggunaan anggarannya lebih tepat sasaran. Sehingga  masyarakat bisa lebih menikmati perbaikan infrastruktur, seperti jalan mulus, saluran drainase yang lancar dan lainnya.


Selain itu, Hasyim SE juga mengkritisi masalah sampah yang telah menjadi momok bersama di Kota Medan. Untuk itulah, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan diminta membuat kebijakan terkait persoalan pengelolaan sampah, mulai dari hulu hingga hilir.

 

"Yang tak kalah pentingnya, agar kedepannya tidak terjadi lagi tumpang tindih anggaran antar organisasi perangkat daerah dengan menyesuaikan perencanaan program dan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, serta memperhatikan hal- hal yang menjadi skala prioritas," pungkas Hasyim SE.

 

Sementara itu, Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan, penyampaian, pembahasan dan keputusan rekomendasi DPRD tentang LKPJ akhir tahun anggaran 2021 mencerminkan sebagai wujud kemitraan dan kolaborasi antara fungsi legislatif dan eksekutif.


Pemko Medan pun mengapresiasi yang setinggi- tingginya kepada DPRD Kota Medan yang telah membahas substansi LKPJ akhir tahun anggaran 2021 dengan cermat dan komprehensif.


"Kami, di jajaran Pemerintah Kota Medan memiliki komitmen yang kuat mewujudkan pemerintahan yang semakin partisipatif, transparan dan akuntabel," paparnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini