Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Kasus 3 Remaja Putri Mencuri Tas Berisi Uang Rp40 Juta Dihentikan dengan Restorative Justice

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 24 April 2022 - 17:24
kali dibaca
Ket Foto : Kanit PPA Satreskrim Polrestabes Medan AKP Madianta Ginting. 

Mediaapakabar.com
Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Medan melakukan Restorative Justice kasus dugaan pencurian tas berisi uang Rp40 juta yang dilakukan tiga remaja putri di Kompleks Dwikora, Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas dan viral di media sosial.

Hal itu disampaikan Pejabat sementara (Ps) Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa, melalui Kanit PPA AKP Mardianta Ginting, Minggu (24/4/2022). 


Dikatakannya, perkara tersebut dihentikan dengan menerapkan Restorative Justice, mengingat ketiga remaja perempuan itu masih berstatus anak-anak.


Dalam Restorative Justice tersebut, kata Madianta, pihaknya memanggil pihak orang tua dari masing-masing anak untuk diberikan nasehat serta memanggil pihak korban yang merupakan pemilik tas.


“Untuk korban yang merupakan pemilik tas yang sempat diambil oleh ketiga anak tersebut juga telah memaafkan ketiganya dan tidak melanjutkan permasalahan tersebut ke jalur hukum,” ungkapnya.


Dalam kesempatan itu, Madianta juga menyampaikan pesan Kamtibmas kepada warga masyarakat untuk dapat memperhatikan hak-hak anak dan dapat bersama-sama membimbing anak agar terhindar dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik.


“Diharapkan kepada warga untuk dapat memperhatikan hak-hak anak dan bersama-sama membimbing anak agar terhindar dari perbuatan perbuatan yang tidak baik,” pesannya.


Sebelumnya, viral di media sosial tiga remaja putri diduga nekat mencuri uang sebesar Rp40 juta dan 2 unit handphone dari warung di Jalan Dwikora Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Jumat (22/4/2022).


Kejadian berawal saat tiga pelaku yang masih duduk di bangku SMP itu berpura-pura belanja telur di warung korban. Kemudian salah satu pelaku meminta izin kepada pemilik warung untuk ke kamar mandi.


Setelah ketiga pelaku pergi, pemilik warung menyadari uang tunai sebesar Rp40 juta rupiah miliknya telah raib. Mengetahui hal tersebut, pemilik warung langsung mencari ketiga remaja putri yang datang sebelumnya dan berhasil menangkap ketiganya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini