Jadi Otak Pembunuhan Petugas Dishub, Kasatpol PP Makassar Terancam Hukuman Mati

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 17 April 2022 - 23:59
kali dibaca
Ket Foto : Kapolrestabes Makassar Komisaris Besar Budhi Haryanto. (Merdeka.com)

Mediaapakabar.com
Empat tersangka kasus penembakan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar, Sulawesi Selatan, dijerat dengan pasal pembunuhan berencana dan terancam hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budhi Haryanto, mengungkapkan bahwa keempat tersangka yakni, S, AKM dan S serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Makassar, MIA.


"Mereka kita jerat dengan Pasal 340 KUHPidana tentang pembunuhan berencana. Ancamannya seumur hidup atau mati," kata Budhi, Minggu (17/4/2022).


Budhi menerangkan, bahwa keempat tersangka ini memiliki peran sebagai eksekutor, penggambar dan juga sebagai otak dari perencanaan pembunuhan Najamuddin Sewang.


"AKM sebagai eksekutor dan otaknya MIA adalah pejabat daripada Pemerintah Kota Makassar. Untuk jenis senjata adalah revolver," bebernya.


Budhi menjelaskan bahwa kasus ini murni permasalahan pribadi antara Najamuddin Sewang dengan Iqbal Asnan saat masih bertugas di Dinas Perhubungan Makassar sebelum menjabat sebagai Kasatpol PP Makassar.


"Motifnya itu cinta segitiga. Ini motif pribadi, tidak ada teror di Makassar. Ini hanyalah motif pribadi sehingga terjadi penembakan," ungkapnya.


Kapolrestabes Makassar menjelaskan, bahwa korban ditembak saat mengendarai sepeda motor dan pelaku penembakan juga mengendarai sepeda motor.


"Penembak ini posisi berkendara roda dua. Ada motif pembayaran untuk penembaknya," jelasnya. (MC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini