Ini Cara Ubah Tulisan di Whatsapp Jadi Lebih Menarik

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 11 April 2022 - 06:47
kali dibaca
Ket Foto : Cara ubah tulisan di Whatsapp.

Mediaapakabar.com
Teks saat berkirim pesan di aplikasi WhatsApp bisa diubah agar menjadi lebih menarik. Ada beberapa cara yang bisa dipakai pengguna untuk berkreasi dengan font pesan yang dikirimkan ke lawan bicara.

Mengubah font pesan di WhatsApp dapat dilakukan untuk memberi tanda khusus untuk tujuan tertentu atau sekadar membuatnya lebih menarik dan lebih keren.


Mengubah atau mengedit tulisan dapat dilakukan mulai dari membuatnya jadi tebal, miring, terbalik, hingga mengganti jenis font. Metode edit ini dapat diterapkan di aplikasi WhatsApp di ponsel dan juga di WhatsApp Web yang diakses melalui perangkat PC atau laptop.


Berikut beberapa cara ubah tulisan di WhatsApp menjadi lebih menarik seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin, 11 April 2022.


Membuat tulisan tebal (Bold)

Fitur Bold dapat mengubah font WhatsApp yang semula normal menjadi tebal. Umumnya, efek tebal diberikan untuk menekankan kata, frasa, atau kalimat penting yang ada dalam pesan.


Untuk menggunakan fitur bold, pengguna hanya perlu menambahkan tanda asterik (*) pada awal dan akhir pesan. Contoh: *Kerang*


Membuat tulisan miring (Italic)

Untuk memberikan efek miring pada tulisan, pengguna hanya perlu menyematkan tanda garis bawah atau underscore (_) pada awal dan akhir tulisan. Contoh: _Kering_


Membuat tulisan tercoret

Memberikan efek tulisan tercoret dapat dimaksudkan untuk mengoreksi kesalahan pesan yang sudah dikirim. Untuk memberikan efek tercoret, pengguna hanya perlu menyematkan simbol tilde (~) pada awal dan akhir tulisan. Contoh ~Kurang~


Membuat tulisan kombinasi

Pengguna juga dapat mengkombinasikan ketiga opsi fitur tersebut untuk memberikan beberapa efek tulisan sekaligus.


Pengguna hanya perlu menambahkan simbol atau tanda sesuai efek tulisan yang diinginkan. Contoh: *~Kerupuk~* (tulisan tebal dan tercoret) *_~Karung~_* (tulisan tebal, miring, dan tercoret)


Membuat karakter blok (Monospace)

Selain ketiga efek tersebut, pengguna juga dapat mengedit tulisan di WhatsApp menjadi karakter monospace. Monospace merupakan karakter font blok yang sama dengan karakter font yang ada di mesin ketik. Untuk menggunakan efek monospace, pengguna hanya perlu menyematkan tanda backtick (`) sebanyak tiga kali pada awal dan akhir tulisan. Contoh: ```Mesin```


Sebagai catatan, efek dari simbol ini hanya berlaku dalam tulisan yang berada dalam satu paragraf, sehingga jika paragraf lain ingin diberikan efek yang sama harus disematkan simbol serupa pada paragraf baru.


Membuat tulisan terbalik

Untuk membuat tulisan terbalik, aplikasi WhatsApp tidak memiliki fitur bawaan, sehingga perlu adanya aplikasi pihak ketiga bernama Upside Down (Flip Text). Berikut cara menggunakan aplikasi Upside Down untuk membalik tulisan di WhatsApp:


1. Unduh aplikasi Upside Down ke ponsel


2. Buka aplikasi, lalu tuliskan kata maupun kalimat yang ingin dibalik pada kolom paling atas atau yang paling pertama


3. Kemudian, teks terbalik akan muncul di kolom kedua.


4. Salin teks yang sudah terbalik


5. Buka aplikasi WhatsApp, lalu tempel teks ke kolom pesan


6. Klik enter atau tekan tombol kirim.


Mengubah font

Opsi terakhir untuk mengedit tulisan di aplikasi WhatsApp adalah mengubah font menjadi lebih beragam.


Untuk dapat mengganti jenis font, pengguna juga perlu memakai aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh di PlayStore, di antaranya TextArt, Stylish Text, iFont, Better Font, dan Stylish Fonts.


Berikut cara menggunakan aplikasi edit font:


1. Unduh aplikasi edit font ke ponsel


2. Buka aplikasi, ketikkan teks pada kolom yang disediakan


3. Pilih jenis font yang ingin digunakan, dan atur warna font, warna background, serta warna outline


4. Simpan teks


5. Share lewat ikon WhatsApp.


Aplikasi pengganti font tak hanya menyediakan puluhan hingga ratusan jenis font. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memodifikasi font dengan aneka warna sehingga aktivitas chatting di WhatsApp lebih menarik dan berwarna.


Demikian cara mengedit tulisan di aplikasi WhatsApp agar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan, baik menggunakan fitur bawaan maupun bantuan aplikasi pihak ketiga. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini