Didakwa Cemarkan Nama Baik Istri Gubernur Sumut, Pemilik Media Online Diadili di PN Medan

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 13 April 2022 - 23:59
kali dibaca
Ket Foto : Terdakwa Ismail Marzuki saat diadili di PN Medan.

Mediaapakabar.com
Diduga cemarkan nama baik istri Gubernur Sumut, Terdakwa Ismail Marzuki (42) pemilik media online mudanews.com diadili di Pengadilan Negeri (PN) Ruang Cakra VIII, Pengadilan Negeri Medan, Selasa (12/3/2022).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rahmi Shafrina, dalam dakwaannya menyatakan bahwa awal mula kasus ini ketika terdakwa sedang melakukan aksi di depan Mapoldasu terkait Penyelamatan Benteng Putri Hijau atas nama Organisasi Gerakan Semesta Rakyat Indonesia (GSRI).


Dalam aksinya, lanjut JPU, terdakwa membawa poster bergambar saksi Nawal Lubis istri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan tulisan.


"Jangan Karena Bunda NL Istri orang sakti. Selamatkan Benteng Hijau dari Bunda NL dan bapak KapoldaSU segera periksa Bunda NL terkait perusakan Benteng Hijau Putri," ucap JPU dihadapan Majelis Hakim yang diketuai Immanuel Tarigan.


Dikatakan JPU, terdakwa merekam perbuatan yang dilakukan di depan Mapoldasu dengan durasi 02 menit 16 detik dan mempostingnya di Facebook.


Lebih lanjut dijelaskan jaksa, bahwa perbuatan atau postingan akun facebook Ismail Marzuki dan akun youtube Media Mudanews.com yang mengandung hinaan dan atau pencemaran nama baik terhadap pelapor Nawal Lubis merupakan kalimat yang dapat menyinggung atau mempermalukan seseorang karena melakukan kebohongan dan ketidaksesuaian dengan fakta dan Nawal Lubis merasa terhina karena tuduhan palsu.


"Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dengan pidana melanggar Pasal 310 ayat 2 KUHP dan atau 27 ayat (3) Jo Pasal 45 ayat (3) UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," tandas JPU.


Demikian setelah mendengarkan nota tuntutan jaksa, majelis hakim Immanuel Tarigan menunda persidangan hingga pekan mendatang dengan agenda selanjutnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini