Bupati Taput Ajak Masyarakat Maknai Paskah dengan Mengedepankan Kebersamaan Dukung Hadirnya Untara

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 19 April 2022 - 16:53
kali dibaca
Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, Ibu Bupati Tapanuli Utara Satika Simamora dan Ibu Bupati Tapanuli Utara Marsaulina Lumbantobing didampingi Forkopimda Taput, Sekretaris Daerah Taput, Para Pimpinan OPD Taput, para Camat dan Kepala Desa Taput hadiri Ibadah perayaan Paskah Raya Oikumene di Sopo Partukkoan, Senin (18/04/2022). 

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, Ibu Bupati Tapanuli Utara Satika Simamora dan Ibu Bupati Tapanuli Utara Marsaulina Lumbantobing didampingi Forkopimda Taput, Sekretaris Daerah Taput, Para Pimpinan OPD Taput, para Camat dan Kepala Desa Taput hadiri Ibadah perayaan Paskah Raya Oikumene di Sopo Partukkoan, Senin (18/04/2022). 

Dalam ibadah Paskah Raya yang bertema "Tak Terpisahkan dari Kasih Allah (Roma  8 : 38 - 39) dalam sambutannya Bupati Nikson Nababan menjelaskan bahwa Pemkab Taput telah menetapkan visi pembangunan Kab. Tapanuli Utara yakni "Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung sumber daya manusia yang berkualitas serta tujuan wisata" Yang ditopang oleh berbagai misi pembangunan.


Pembangunan tersebut bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tetapi sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab bersama untuk menjaga dan memelihara hasil pembangunan serta mengambil bagian di dalam melanjutkan pembangunan di berbagai bidang. 


"Untuk mendukung hal tersebut salah satu yang diupayakan Pemkab. Taput adalah dengan hadirnya Universitas Tapanuli Utara (Untara) yang diharapkan akan mendukung pembangunan SDM yang berkualitas, mendukung pariwisata di kawasan Danau Toba yang ditetapkan sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata Nasional (KSPN) prioritas serta sebagai akses pendidikan tinggi dalam rangka percepatan pembangunan khususnya di kawasan Tapanuli Raya," ujar Bupati mengawali.


"Pendirian Untara ini juga merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk mengentaskan kemiskinan di kawasan Tapanuli Raya. Untuk itu diminta dukungan dan doa dari semua pimpinan denominasi gereja yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara, agar bisa terwujud hadirnya Universitas Negeri Umum di Bona Pasogit yang kita cintai ini," ujar Bupati menambahi. 


Diakhir sambutannya Bupati  Nikson Nababan menyampaikan bahwa kemajuan dan keberhasilan dalam segenap aspek pembangunan di Kab. Taput tidak terlepas dari peran positif yang telah ditunjukkan oleh warga masyarakat termasuk didalamnya warga gereja. 


Umat Kristiani di Taput harus dapat memposisikan diri menjadi warga masyarakat yang berkualitas, memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan serta keteguhan iman agar kelak dapat menjadi masyarakat yang mampu menghadapi tantangan zaman, nilai-nilai Kekristenan yang selalu terpatri di dalam hati sanubari kita adalah sebuah harta yang sangat berharga bagi Pemkab. Taput dalam rangka penyelenggaraan program Pemerintah. 



"Melalui perayaan yang penuh ucapan syukur dan sukacita ini, kami mengajak kepada kita semua untuk semakin meningkatkan kualitas iman kita sambil terus bergandengan tangan melangkah ke depan memberikan kontribusi yang positif sesuai dengan profesi, tugas dan tanggung jawab kita masing-masing demi kemajuan pembangunan Kab. Tapanuli Utara," ujar Bupati mengakhiri. 


Di kesempatan sebelumnya Ketua Panitia Perayaan  Paskah Raya Kab. Taput Tahun 2022  yang ber-sub Tema "Melalui Perayaan Paskah Raya Oikumene Tahun 2022 Mari Kita Wujudkan Kasih Allah Untuk Membangun Taput lebih maju sesuai visi misi Pemkab. Taput" Pdt. Brin Aston Gea, S.TH, M.Th memberikan laporannya. 


Pdt. Brin menjelaskan bahwa Memasuki kali ketiga perayaan Paskah dalam masa pandemi covid-19, pada saat ini Panitia perayaan Paskah Raya Kab. Tapanuli Utara Tahun 2022 mengadakan Paskah Raya dengan sistem Proses dengan kegiatan antara lain Tari Rebana dan Tari Kolosal dari Remaja GBI Tarutung Kota, Koor Pemuda Ecclesia Silindung Choir, Bakti Sosial dengan memberikan loudspeaker dan 2 buah microphone kepada 15 gereja yang ada di 15 Kecamatan dengan kriteria antara lain gereja yang memiliki arus listrik, memiliki jemaat tetap, kondisi bangunan gereja layak maju dan gereja tersebut tidak memiliki speaker atau speakernya rusak parah. 


Gereja penerima Barang bingkisan Paskah (loudspeaker dan microphone) dari Pemkab. Taput antara lain HKBP Jemaat Sihujur Ressort Hutaraja Dolok Kecamatan Tarutung, Gereja Sidang Jemaat Allah Simanampang Kec. Siatas Barita, GKPI Pansurbatu, Kecamatan Adian Koting, Gereja Methodist Jemaat Sion Kec. Muara dan Gereja Siloam Injili di Indonesia, Kecamatan Pagaran. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini