Resmi Dikukuhkan, Forwakum Sumut Diharapkan Semakin Sinergi Sebagai Kontrol Sosial

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 18 Maret 2022 - 21:40
kali dibaca
Ket Foto : Forwakum Sumut berfoto bersama seusai resmi dikukuhkan di Hotel Grand Mercure Medan. (Istimewa)

Mediaapakabar.com
Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut) resmi dikukuhkan pada kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Mercure, Jumat (18/3/2022) petang.

Kajati Sumut Idianto SH MH diwakili Kasi Penkum Kejati Sumut Yos A Tarigan menyampaikan apresiasinya dan bangga kepada Forwakum Sumut dalam semangat membentuk organisasi.


"Kami sangat mengapresiasi keinginan rekan-rekan wartawan membentuk Forwakum Sumut di tengah kesibukan profesinya namun dapat membangun organisasi, ya semoga Ketua Forwakum Sumut dapat mengayomi anggotanya," tutur Yos mantan Kasi Pidum Kejari Deli Serdang ini. 


Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan, Teuku Rahmatsyah SH MH mengharapkan Forwakum Sumut 

semakin sinergi dan menjalankan kontrol sosial.


"Saya lihat sejauh ini wartawan di Forwakum Sumut sudah profesional menaati kode etik dan Undang-Undang Pers. Semoga semakin sinergi, semakin kompak memberitakan yang edukasi, yang ada manfaatnya dan juga bisa menjadi sarana kontrol bagi penegak hukum," ujar Teuku Rahmatsyah.


Dirinya juga menyebut, event-event yang telah berjalan seperti bakti sosial juga ke depan akan terus dilakukan. 


"Bersama Kejari Medan kita akan tetap melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bersentuhan langsung ke tengah masyarakat terutama nanti di bulan puasa ini," kata Teuku Rahmatsyah.


Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik melalui Wakil Ketua Bidang Advokasi Amrizal juga mengaturkan ucapan selamat dan mengingatkan wartawan Forwakum Sumut untuk profesional dalam menjalan tugas jurnalistik.


"Kami berharap dengan peresmian Forwakum Sumut ini bisa bersinergi dengan PWI Sumut. Kami sangat mendukung adanya Forwakum, diharapkan sehingga bisa bekerjasama agar terjalin dengan baik sosial kontrol dalam pemberitaan yang bagus, untuk disebarkan ke masyarakat. Karena wartawan yang tidak profesional dapat menciptakan citra buruk di masyarakat," tegas Amrizal.


Senada Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan Sony Adi menyampaikan rasa bangga atas semangat Forwakum Sumut menjalin kemitraan dan sukses melaksanakan kegiatan peresmian pengukuhan.


"Pers mitra dalam masalah penegakan hukum, bapak-bapak juga mitra dalam menyampaikan pemberitaan dengan kode etik. Sebagai insan profesi dengan adanya wadah ini akan menambah langkah baik bagi profesi. Mudah-mudahan kita doakan peresmian ini memberi kepastian, semoga forum ini tidak hanya satu periode," tandasnya.


Sementara, Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution SH usai dikukuhkan dalam sambutannya mengatakan, Forwakum Sumut merupakan sarana untuk bersosial, berdiskusi, berdialog, dan mewujudkan kreatifitas berbakti terhadap bangsa, negara dan agama.


"Atas berbagai pertimbangan inilah maka dibentuk wadah Forwakum Sumut untuk menghimpun wartawan yang telah disepakati dengan musyawarah untuk mufakat, lalu diresmikan berdasarkan kepentingan bersama," imbuhnya.


Sekadar diketahui, pertama sekali Forwakum Sumut dibentuk pada 8 Agustus 2021, tepat hari ini atau 222 hari lalu, pada 18 Maret 2022 Forwakum Sumut diresmikan. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini