Pertumbuhan Ekonomi Sumut 2022 Diprediksi Lebih Tinggi

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 30 Maret 2022 - 21:49
kali dibaca
Ket Foto : Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Doddy Zulverdi.

Mediaapakabar.com
Bank Indonesia (BI) Sumut memprediksi pertumbuhan ekonomi  pada tahun 2022 ini lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Doddy Zulverdi mengatakan, kondisi tersebut didorong tercapainya herd immunity di Sumut. Namun, hal yang perlu diwaspadai sejumlah faktor yang dapat menahan pertumbuhan, seperti konflik geopolitik internasional karena sikap investor yang wait and see serta kecenderungan berinvestasi pada aset safe haven.


"Kondisi perekonomian pada 2022 ini diperkirakan tetap kuat seiring meredanya penyebaran Covid-19. Bahkan, secara nasional sejumlah indikator ekonomi seperti penjualan eceran dan mobilitas masyarakat di berbagai daerah pun tercatat tetap baik pada Maret 2022," katanya dalam pertemuan Bincang Bareng Media (BBM) secara hybrid di kantor BI Medan, Selasa (29/3/2022).


Doddy mengakui, sejalan dengan ekonomi nasional, pemulihan ekonomi Sumut juga terus berlangsung pada 2022 meskipun masih berjalan secara gradual.


Dalam pertemuan BBM tersebut, Doddy pun menuturkan beberapa poin terkait perkembangan ekonomi terkini, yakni upaya pengendalian inflasi Sumut serta strategi pemenuhan kebutuhan uang menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.


"Sejalan dengan pemulihan ekonomi, konsumsi masyarakat yang meningkat berpotensi mendorong kenaikan harga. Pada tiga bulan terakhir, inflasi secara tahunan berada dalam tren peningkatan yang cukup besar. Pada Februari 2022, inflasi mencapai sebesar 2,45 persen (yoy) yang didorong kenaikan harga minyak goreng, rokok kretek filter, hingga sewa rumah," tuturnya. (IK)

Share:
Komentar

Berita Terkini