Pendatang Bebas Karantina, Malaysia Buka Perbatasan Mulai 1 April

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 09 Maret 2022 - 08:41
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. (Istockphoto/Vasyl Dolmatov)

Mediaapakabar.com
Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob menyatakan bahwa Malaysia akan membuka perbatasan mulai 1 April. Para pelancong yang sudah divaksinasi Covid-19 lengkap tak perlu lagi melakukan karantina.

Sabri menuturkan, pendatang asing tidak perlu lagi mendaftar melalui mekanisme MyTravelPass setelah pembukaan perbatasan. Namun, mereka harus menggunakan aplikasi pelacakan kontak MySejahtera.


Reuters melaporkan, aturan tanpa karantina ini hanya berlaku bagi pelancong yang sudah divaksin lengkap dan mendapatkan hasil tes Covid-19 negatif sebelum keberangkatan dan saat tiba.


Dengan pembukaan perbatasan ini, warga Malaysia juga bisa melakukan perjalanan internasional. Sabri menyampaikan, pemerintah sedang mengerjakan kesepakatan perjalanan dengan Brunei Darussalam, Thailand, dan Indonesia.


Tak hanya itu, aturan pembatasan jam operasional bisnis, pertemuan, jaga jarak, dan perjalanan antar negara bagian akan dilonggarkan.


Keputusan ini diambil setelah Malaysia mengumumkan akan memasuki fase endemik Covid-19 mulai bulan depan.


"Malaysia akan mulai transisi ke fase endemik Covid-19 mulai bulan depan," ujar Sabri dalam pidato yang disiarkan di televisi pada Selasa (8/3/2022).


Sejak Maret 2020, Malaysia menjadi salah satu negara di Asia yang menerapkan pembatasan ketat untuk menangani penyebaran virus corona.


Dalam pembatasan ketat ini, warga negara asing dilarang masuk ke Malaysia. Tak hanya itu, warga negara Malaysia yang kembali ke negara itu harus melakukan karantina. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini