Pasca Banjir Medan, Warga Bajak III Medan Amplas Bersihkan Rumah dari Lumpur

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 02 Maret 2022 - 00:58
kali dibaca
Ket Foto : Warga membersihkan lumpur kotoran sisa banjir di Medan.

Mediaapakabar.com
Pasca dilanda banjir, warga disibukan dengan membersihkan lumpur kotoran sisa air banjir di Jalan Bajak III, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Sumatera Utara, Selasa (01/03/2022).

Banjir yang merendam sedikitnya 9 kecamatan kota Medan terjadi pada Minggu malam, (27/02) Kemarin.


Warga bernama Iwan mengatakan Sebelumnya, rumah yang dihuninya terendam banjir mencapai sepinggang orang dewasa atau 1 Meter lebih.


"Hari ini kami sudah bisa membersihkan rumah dan menyusun perabotan rumah kembali setelah berantakan kena banjir bang," katanya.


Sementara itu, di lokasi yang berbeda, di Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat, warga terlihat mengepel lantai rumah yang kotor terendam air banjir.


Warga Lorong 20, Lingkungan 15, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Bella, menuturkan air banjir mulai surut total Selasa Pagi.


" Ini sudah mulai bisa kami membersihkan perabotan yang terkena banjir bang. Baru tadi pagi surut banjirnya bang," ungkapnya.


Bela menerangkan, akibat banjir merendam rumah yang dihuninya, dirinya harus mengikhlaskan barang perabotan rumah terendam banjir.


" Springbed aja yang terendam bang, soalnya besar, gak tau mau dipindahkan kemana. Peralatan lainya yang kecil-kecil bisa diatas meja", terangnya.


Ia merasa bersyukur, rumah yang dihuninya berlantai 2. Saat banjir merendam rumahnya, ia bersama keluarganya mengungsi ke lantai 2.


"Untung rumahnya tingkat, bisa mengungsi ke atas bang. Ketinggian air mencapai hampir 1 meter bang," jelasnya.


Bela menyebutkan, lorong 20 pernah terjadi banjir, namun banjir yang terjadi pada tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya.


"Ini sudah yang kedua kalinya bang. Ini banjir yang paling besar. Tidak biasanya air sampai ke tangga rumah bang," bebernya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini