Ini Alasan Para Gubernur Bawa 1 Liter Air dari Daerah di Kemah IKN Jokowi

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 13 Maret 2022 - 11:07
kali dibaca
Ket Foto : Titik nol IKN Nusantara yang jadi lokasi kemah Jokowi dan para kepala daerah. (Kompas.com)

Mediaapakabar.com
Kegiatan kemah yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para Gubernur se-Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, akan diwarnai berbagai ritual adat yang melibatkan air.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengungkapkan selain ritual, para gubernur, termasuk dirinya wajib memakai pakaian adat daerah masing-masing.


Selain itu beberapa gubernur tersebut juga akan membawa air dari daerahnya masing-masing. Air tersebut digunakan untuk prosesi adat dengan tema Kendi Nusantara.


"Para gubernur akan membawa satu liter air yang berasal dari daerah masing-masing," ungkap Isran dalam keterangan pers dikutip dari CNNIndonesia.com pada Minggu, 13 Maret 2022.


Berdasar informasi yang dihimpun, air tersebut akan dipakai dalam ritual adat di IKN nanti. Prosesi tersebut diyakini mengandung makna filosofis agar selalu mengingat asal-muasal nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur yang sudah ada.


Sejauh ini, ada tujuh provinsi yang mengonfirmasi soal air itu. Yakni, Kalimantan Timur, Kalbar, Kalsel, Kalteng, Kaltara, Bengkulu, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).


"Dari Kaltim kami memilih air dari tanah Kutai Lama," ungkap Kepala Biro Adpim Setprov Kalimantan Timur Ivan Syafranudin yang dikonfirmasi terpisah.


Pengambilan air di Kutai Lama juga punya alasan tersendiri. Dalam catatan sejarah Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Lama merupakan pusat Kerajaan Kukar mula-mula selama 4 abad. Terhitung sejak tahun 1300 sebelum berpindah ke Jembayan dan terakhir di Tenggarong.


"Kutai Lama merupakan tonggak awal berdirinya Kerajaan Kutai Kartanegara yang didirikan oleh Batara Agung Dewa Sakti pada sekitar Abad ke-14," papar Ivan.


"Biasanya untuk mengambil air ini dilengkapi dengan beras wija kuning, wijen hitam yang dicampur dupa, air tepong tawar dan lain-lain. Namun untuk giat IKN bisa disederhanakan tapi mengurangi maknanya," sambungnya.


Sedangkan, Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) juga mengumpulkan tanah dan air dari tujuh pulau di NTT. Penyerahan tanah dan air yang dilakukan para bupati dan para tokoh masyarakat di NTT itu diawali dengan acara ritual adat dari masing-masing daerah kepada Gubernur Viktor Laiskodat di Kupang, Jumat (11/3/2022).


"Tanah dan air dari daerah Flobamora ini bisa mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Gubernur Viktor Laiskodat dikutip dari Antara.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkemah di titik nol IKN Nusantara pada 13-15 Maret 2022. Jokowi akan didampingi sejumlah pejabat pemerintah pusat dan seluruh gubernur se-Indonesia. (Antara/CNNI)

Share:
Komentar

Berita Terkini