Ini 7 Fakta Unik Jelang Start MotoGP Qatar 2022

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 06 Maret 2022 - 14:19
kali dibaca
Ket Foto : Jorge Martin tak asing dengan pole position di MotoGP. (REUTERS/IBRAHEEM AL OMARI)

Mediaapakabar.com
Jelang start MotoGP Qatar 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Losail, Minggu (6/3/2022) malam waktu Indonesia, terdapat sederet fakta unik. Berikut tujuh fakta unik jelang start MotoGP Qatar 2022.

Seperti sebelumnya, MotoGP Qatar akan membuka musim balap tahun ini. Balapan malam hari di Sirkuit Losail jadi tontonan pembuka yang merupakan aksi pembuktian para pembalap di awal musim.


Sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2022 telah selesai pada Sabtu (5/3) malam. Jorge Martin tampil sebagai pole sitter, diikuti Enea Bastianini dan Marc Marquez.


Sementara juara bertahan Fabio Quartararo tidak bisa berbuat banyak dan hanya menduduki peringkat ke-11. Sedangkan juara MotoGP 2022, Joan Mir, ada di posisi start kesembilan.


Berikut tujuh fakta unik jelang start MotoGP Qatar 2022 dikutip dari CNNIndonesia.com, pada Minggu, 06 Maret 2022.


1. Martin yang menjalani musim kedua di MotoGP pada tahun ini mengawali dengan cara yang meyakinkan. Setelah mengemas empat pole position pada musim lalu, pembalap Pramac Racing tersebut mencatatkan pole position kelima sepanjang keikutsertaan di MotoGP.


Pembalap asal Spanyol itu sebelumnya menjadi pemimpin start di MotoGP Doha, MotoGP Styria, MotoGP Austria, dan MotoGP Valencia


2. Keberhasilan Martin melesat dengan motor Ducati Desmosedici membuat pabrikan asal Italia itu meraih pole position ketujuh secara berturut-turut yang dimulai dari MotoGP Aragon 2021.


Ducati bukan baru sekali ini saja mencatatkan tujuh pole position tanpa putus. Sebelumnya catatan itu dibuat pada 2008 oleh Casey Stoner.


3. Menempati posisi start kedua adalah hasil terbaik Bastianini sepanjang karier di MotoGP yang dimulai pada musim lalu.


Ini juga merupakan kali pertama Bastianini ada di baris pertama start kelas MotoGP. Juara Moto2 2020 itu juga punya peluang naik podium untuk kali ketiga di kelas MotoGP.


4. Berada di baris terdepan bukan hal asing bagi Marquez di MotoGP Qatar. Sudah tujuh musim Marquez selalu berada di baris depan saat lomba dimulai.


Hanya saja Marquez kerap menemui hambatan menjadi juara di Sirkuit Losail. Dari enam kesempatan sebelumnya berada di baris depan, pembalap berjuluk Semut Cervera ini empat kali naik podium dan hanya sekali berstatus juara MotoGP Qatar.


5. Jika Marquez berhasil menempati posisi tiga besar pada akhir balapan, maka pemilik delapan gelar juara dunia itu akan mengantongi podium ke-100 di MotoGP.


6. Pembalap-pembalap Yamaha gagal tampil mengesankan di kualifikasi MotoGP Qatar 2020. Fabio Quartararo, yang menempati posisi start ke-11, adalah pembalap dengan motor Yamaha yang menempati posisi start terbaik.


Ini merupakan kali pertama Yamaha gagal menempatkan pembalap di posisi 10 besar setelah MotoGP Aragon pada 2018.


7. Hasil yang diraih Quartararo pada kualifikasi MotoGP Qatar 2022 adalah yang terburuk bagi sang juara bertahan itu dalam kariernya di kelas premier.


Ini merupakan kali pertama Quartararo gagal start dari dua baris terdepan di MotoGP.  (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini