Bupati Taput Diskusi Terbuka dengan AMAN Terkait Petani dalam Pengelolaan Tanaman Kemenyan

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 13 Maret 2022 - 11:16
kali dibaca
Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs.Nikson Nababan, M.Si didampingi Pimpinan Perangkat Daerah terkait menggelar diskusi terbuka dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) terkait Pengelolaan Tanaman Kemenyan bertempat di Rumah Dinas Bupati Sopo Rakyat, Sabtu, 12 Maret 2022.

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs.Nikson Nababan, M.Si didampingi Pimpinan Perangkat Daerah terkait menggelar diskusi terbuka dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) terkait Pengelolaan Tanaman Kemenyan bertempat di Rumah Dinas Bupati Sopo Rakyat, Sabtu, 12 Maret 2022.

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara yang langsung dihadiri oleh Roganda Simanjuntak menyampaikan bahwa kehadiran AMAN dan Petani Kemenyan untuk membahas Pengelolaan Komoditi kemenyan.


"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Tapanuli Utara telah menerima kami untuk berdiskusi mengenai Tanaman Kemenyan," ujar Roganda Simanjuntak.


"Kemenyan merupakan Komoditi yang sangat berpengaruh dalam mensejahterakan masyarakat Tapanuli Utara terlebih kemenyan sudah ditanam dari dulunya untuk mensejahterakan petani kemenyan," tambah Roganda Simanjuntak.


Dalam kesempatan itu, Roganda Simanjuntak menyampaikan harapannya untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada Petani Kemenyan agar mandiri untuk bertani.


Dalam Kesempatan diskusi terbuka tersebut Bupati Tapanuli Utara menjadi Narasumber untuk memberikan Pengarahan kepada Para Petani Kemenyan.


Petani kemenyan yang hadir dalam diskusi tersebut ada yang berasal dari Kecamatan Parmonangan,Adiankoting,Garoga,Pangaribuan dan Pahae.


Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dalam arahannya menyampaikan apresiasi atas kedatangan AMAN dan Petani Kemenyan untuk berdiskusi secara terbuka.


Kemenyan merupakan salah satu Komoditi Unggulan yang ada di Tapanuli Utara sehingga Perlunya Keseriusan para petani untuk mengembangkannya.


"Saya sebagai Kepala Daerah, saya mendengarkan dan menampung Keluhan Para Petani Kemenyan sehingga saya berusaha keras untuk melakukan yang terbaik untuk ini," katanya.


Yang pertama, katanya, dilakukan pastinya juga terkait dengan para petani dimulai dengan membuka akses jalan dulu untuk para petani. "Sehingga saya memprioritaskan Infrastruktur agar para petani nantinya tidak susah untuk mengangkat hasil pertaniannya. Mengenai harga kemenyan mari kita bekerja sama dan kompak untuk hal ini," ujarnya.


Nantinya,  sambungnya, karena ada Asosiasi kita dapat bersinergi untuk mempromosikan kemenyan melalui Aplikasi Online yang sedang kita kembangkan yaitu Aplikasi Buka Lapo 

Disitu kita dapat mengupload kemenyan dan memberikan harga sehingga tengkulak tidak lagi mempermainkan harga.


Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tetap mendukung para petani kemenyan dan saya juga sampaikan rasa bangga saya karena mau berdiskusi secara terbuka untuk kepentingan masyarakat Tapanuli Utara.


Setelah acara diskusi terbuka Bupati Taput dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara serta para Petani Kemenyan menggelar makan siang bersama. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini