Bangga, UMSU Raih Bintang 4 dari QS Stars

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 15 Maret 2022 - 20:04
kali dibaca
Ket Foto : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses mendapatkan bintang 4 dari lembaga pemeringkatan internasional QS Stars World University Rankings. 

Mediaapakabar.com
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses mendapatkan bintang 4 dari lembaga pemeringkatan internasional QS Stars World University Rankings. 

Pencapaian membanggakan itu ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada masing-masing pimpinan fakultas, direktur pascasarjana dan badan Pembina Harian pada syukuran yang digelar secara langsung di Auditorium UMSU - Jalan Kapten Muchtar Basri No.3 Kota Medan, Senin (14/03/2022).


QS World University Ranking merupakan peringatan universitas tingkat dunia yang cukup terkenal, salah satu programnya adalah QS Stars. Melalui program tersebut UMSU berhasil meraih skor 699 sehingga mendapatkan bintang 4,  jika meraih skor 700  akan mencapai bintang 5. 


Diraihnya skor tersebut karena QS menilai 8 komponen yang menjadi penentu pemeringkatan berhasil dilewati. Di antaranya, UMSU mendapat bintang 5 untuk sistem pengajaran, fasilitas, perkembangan akademik. ketergunaan, tanggung jawab sosial dan keterbukaan. Sementara itu untuk internasionalisasi mendapatkan bintang 2 dan kedokteran meraih bintang 4. Komponen tersebut diukur dengan standar global oleh reviews dunia.


Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, dalam sambutannya bercerita bahwa mendapatkan pengakuan internasional lewat lembaga pemeringkatan  telah menjadi impian UMSU sejak sepuluh tahun lalu. Pihaknya menjadikan program internasionalisasi kampus sebagai target capaian di tahun 2033. Bintang 4 yang diberikan QS menjadi bukti komitmen UMSU menjadi universitas berkualitas kelas dunia.


“Alhamdulillah ini tentu kesyukuran kita. Saya masih ingat kira-kira 10 tahun lalu, Pada saat itu kita bertekad mencoba untuk masuk di QS Ranking. Alhamdulillah apa yang diseriusin  membuahkan hasil,” tutur Prof. Agussani.


Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh lini universitas yang terlibat karena tanpa solidaritas dan komitmen bersama, pencapaian tersebut tidak bisa tercapai. Tidak hanya itu, Prof. Agussani mengatakan memasuki QS tidak hanya berdasarkan penilaian kriteria saja, namun juga kemampuan finansial untuk bergabung dengan universitas kelas dunia.


Sebelumnya,  Wakil Rektor III, Dr. Rudianto, MSi yang ditunjuk menjadi koordinator  QS stars, menjelaskan bahwa proses pemeringkatan telah dilakukan sejak 17 November 2021 dengan proses yang sangat luar biasa. Menghadapi reviewers dunia dari Singapura, India, Cina,   dan negara lainnya tentu tidak mudah.


"Dalam penyiapan dokumennya sangat luar biasa karena begitu detailnya reviewer. Kita berharap semoga ke depan, apabila program ini terus berjalan, maka kita dapat memperbaiki dan memaksimalkan data yang ada. Potret riset harus dikembangkan dan  menjadi PR besar untuk kita," ujar Rudianto.


Peresmian dilanjutkan dengan menyerahkan sertifikat QS Star kepada seluruh pimpinan fakultas dan Pascasarjana UMSU. Prosesi ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh sivitas akademika UMSU guna mengejar world university rankings di Tahun 2033. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini