Balitbang Medan Kaji Efektivitas Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Pariwisata

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 31 Maret 2022 - 10:52
kali dibaca
Ket Foto : Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan tengah melakukan pengkajian tentang Efektivitas Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Pariwisata. Pada Rabu (30/3) pengkajian ini telah sampai pada tahap seminar proposal. 

Mediaapakabar.com
Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan tengah melakukan pengkajian tentang Efektivitas Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Pariwisata. Pada Rabu (30/3) pengkajian ini telah sampai pada tahap seminar proposal. 

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat II kantor wali kota dan diikuti oleh kalangan akademi, pelaku pariwisata, dan utusan OPD terkait ini diisi dengan pemaparan tim tenaga ahli dari Politeknik Pariwisata Medan.


Saat membuka seminar proposal ini Kepala Balitbang Medan, Irwan Ritonga mengatakan, media digital bagian penting dalam strategi pemasaran bisnis. Bagi organisasi atau perusahaan, lanjutnya, media digital banyak digunakan sebagai alat untuk memasarkan produk.


"Jadi wajar perusahaan juga instansi pemerintah menjadikan media digital sebagai alat pemasaran yang paling mudah dengan daya jangkau yang luas," ucapnya.


Dalam seminar itu, Ketua Tim Tenaga Ahli Dr. Femmy Indriany Dalimunthe memaparkan, kemajuan teknologi informasi memberikan manfaat tersedniri dan mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Disebutkannya juga, 34 persen penggunaan internet dilakukan untuk mencari informasi produk barang atau jasa.


Perumusan masalah penelitian ini, sebutnya, adalah 'sejauh mana efektivitas media digital sebagai sarana pemasaran pariwisata di Kota Medan. 


Sedangkan tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas pengelolaan media digital dalam komunikasi pemasaran pariwisata di Medan, mengetahui faktor-faktor yang mendukung media digital dalam komunikasi pemasaran pariwisata di Medan, dan mengetahui tingkat keterdedahan dan tanggap respon mengenai media digital dalam komunikasi pemasaran di Medan.


Secara teoritis, tambahnya, manfaat penelitian ini adalah menambah pengetahuan dan dapat memperluas wawasan peneliti mengenai komunikasi pemasaran yang berfokus pada efektivitas media digital sebagai sarana promosi kegiatan.


"Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pihak-pihak yang membutuhkan pengetahuan berkenaan dengan penelitian ini," ucap Femmy.


Sebelumnya, Kabid Sosial dan Kependudukan Balitbang Medan, Bahrian Effendi yang memandu diskusi dalam kegiatan itu, melaporkan kajian efektivitas media digital dalam komunikasi pemasaran pariwisata di Kota Medan ini akan dilaksanakan selama tiga bulan.


Seminar proposal ini, lanjutnya, merupakan persiapan pelaksanaan kajian efektivitas media digital dalam komunikasi pemasaran pariwisata di Kota Medan dengan meminta saran dan masukan dari OPD terkait dan tim pelaksana kegiatan terhadap proposal yang dipaparkan tim tenaga ahli. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini