Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buka Rakornis TP PKK Kabupaten Asahan

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 22 Maret 2022 - 16:32
kali dibaca
Ket Foto : Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP PKK Kabupaten Asahan Tahun 2022 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (22/03/2022).

Mediaapakabar.com
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP PKK Kabupaten Asahan Tahun 2022 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (22/03/2022).

Pada kegiatan ini tampak hadir juga OPD, Camat, Kepala Desa, Lurah, Pengurus TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Asahan dan Ketua TP PKK Desa/Kelurahan


Dikesempatan ini Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan Suherman Siregar SSTP MM menyampaikan tujuan dari Rakornis TP PKK Kabupaten Asahan adalah meningkatkan kerjasama kepengurusan TP PKK Kabupaten Asahan, OPD selaku Pembina TP PKK Kabupaten Asahan dan TP PKK Kecamatan, menciptakan Gerakan Nasional Keluarga Pelopor Perubahan, melalui pembinaan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, serta penguatan ketahanan keluarga, kesehatan keluarga dan lingkungan.


Selanjutnya bertujuan untuk terinformasinya kebijakan Pemerintah Kabupaten Asahan ke Kecamatan dan Desa dalam hal persamaan persepsi dan keterpaduan pengelolaan gerakan PKK serta teridentifikasinya upaya pemecahan masalah terhadap aspek kelembagaan, program dan administrasi PKK Kabupaten Asahan.


Bupati Asahan pada bimbingan dan arahannya yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana, S. IP, M. Si mengatakan, dalam semangat Hari Jadi Kabupaten Asahan ke-76 Tahun 2022, TP PKK yang merupakan mitra Pemerintah Kabupaten Asahan, berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak untuk terlaksananya program PKK yang mendasari terciptanya kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat dan juga mengemban visi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.


Buwono juga mengatakan Rakornis ini merupakan forum yang strategis untuk mengevaluasi dan identifikasi masalah. Sehingga keberadaan TP PKK ditengah masyarakat jelas manfaatnya dan mampu memberikan kobtribusi bagi masyarakat dalam pengembanan dan pemanfaatan potensi Sumber Daya yang ada serta cinta dan bangga menggunakan, memanfaatkan produk lokal di Kabupaten Asahan


"Saya berharap melalui Rakornis ini, TP PKK dapat mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memantapkan dan menyempurnakan kebijakan pengelolaan gerakan PKK, serta mampu berkreasi dan inovatif. Kepada segenap jajaran TP PKK Kecamatan diharapkan mampu memberikan bimbingan, motivasi kepada masyarakat," harap Bupati Asahan.


Menutup bimbingan dan arahannya Buwono mengatakan dalam menyambut Bulan Ramadhan 1443 H yang suci ini, mempunyai makna tersendiri bagi seluruh umat Islam. Melalui kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kita semua untuk menjalankan ibadah puasa dengan iman dan taqwa, serta tetap menerapkan Prokes dengan memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, menghindari kerumunan dan menjaga jarak.


Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menyerahkan hadiah kepada pemenang di 5 kategori Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara.


Juara II Desa Pasiran Kecamatan Sei Dadap Kategori Kabupaten pada Pelaksanaan Terbaik Tertib Administrasi PKK.


Juara I Desa Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu Kategori Kabupaten pada Pelaksanaan Terbaik PAAR dengan Penuh Cinta dan Kasih Sayang.


Juara V Desa Marjanji Aceh Kecamatan Aek Songsongan Kategori Kabupaten pada pelaksanaan terbaik UP2K PKK


Juara II Desa Tamansari Kecamatan Pulo Bandring Kategori Kabupaten pada Pelaksanaan terbaik HATINYA PKK.


Juara III UPTD Puskesmas Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane Kategori Kabupaten Asahan pada pelaksanaan terbaik IVA Test 


Dikesempatan ini para peserta Rakornis diberikan materi oleh narasumber yakni Ir. Siti Aisyah, MP Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Asahan dengan materi Menuju Kabupaten Asahan Emas, Ir. Risna Wati Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan dengan materi perkuat imun tubuh saat pandemi dengan menu B2SA dan drh. Irvansyah Batubara Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan dengan materi Budidaya Ayam dan Itik serta Kesehatannya. (HEN)

Share:
Komentar

Berita Terkini