Revitalisasi Lapangan Merdeka, Bobby Nasution: Pemko Medan Tengah Siapkan Relokasi Pedagang

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 18 Februari 2022 - 10:23
kali dibaca
Ket Foto : Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Mediaapakabar.com
Pemko Medan telah menyiapkan perencanaan revitalisasi Lapangan Merdeka, termasuk anggarannya. Kini, Pemko Medan tengah menyiapkan relokasi bagi para pedagang yang selama ini melakukan kegiatan ekonomi di kawasan lapangan bersejarah tersebut, terutama pedagang buku bekas.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri Rapat Pembahasan Rencana Relokasi Kios Pedagang Lapangan Merdeka Medan di Ruang Rapat Lantai 10 Kantor Gubernur Sumut Jalan P Diponegoro, Rabu (16/2/2022). Rapat yang dipimpin Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ini  bertujuan untuk membahas persoalan revitalisasi Lapangan Merdeka sebagai Cagar Budaya.


Dikatakan Bobby Nasution, saat ini Pemko Medan sedang menyiapkan proses relokasi para pedagang. Sebab, orang nomor satu di Pemko Medan ini tidak ingin ada masyarakat yang dirugikan dalam relokasi tersebut.


“Revitalisasi Lapangan Merdeka sudah kita rencanakan dari kemarin. Kita tidak ingin ada masyarakat yang dirugikan dalam kegiatan ini. Kita harus melakukan pendekatan dan memberikan kepada mereka untuk dialokasikan ke tempat yang lain, sehingga tidak terjadi keributan," kata Bobby Nasution.


Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan, revitalisasi Lapangan Merdeka masih dalam tahap pembahasan dan sedang mencari solusi bagi  para pedagang. Menurutnya, butuh koordinasi kuat semua pihak dalam revitalisasi Lapangan Merdeka untuk menjadikannya sebagai cagar budaya. Gubsu berharap, stakeholder dan pemerintah bisa menemukan solusi yang tepat untuk pedagang.


"Kita carikan tempatnya, kita masih memprosesnya karena tempat itu akan dibangun lagi sehingga para pedagang dapat beraktifitas lagi. Oleh karenanya koordinasinya harus kuat hingga mendapat solusi yang tepat bagi semua pihak,” kata Gubsu.


Selain revitalisasi Lapangan Merdeka, Gubsu juga membahas mengenai normalisasi sungai  yang bertujuan untuk mengantisipasi banjir di Kota Medan dan sekitarnya. Rapat turut 

dihadiri Vice President PT KAI Divre I Sumut Yuskal Setiawan dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumbagut Dandun Prakosa, pimpinan OPD Pemprov Sumut dan Pemko Medan serta jajaran PT KAI Divre I Sumut. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini