Profil AKP Rita Sorcha Yuliana, Polwan Cantik yang Punya Segudang Prestasi

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 01 Februari 2022 - 13:26
kali dibaca
Ket Foto : AKP Rita Sorcha Yuliana bukan polwan biasa. Selain berparas cantik, Perempuan kelahiran 1 Juli 1992 ini juga punya banyak prestasi. 

Mediaapakabar.comMutasi Polri lewat Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2604/XII/KEP.2021 yang dikeluarkan pada 24 Desember 2021 lalu turut merotasi posisi polwan cantik AKP Rita Sorcha Yuliana . 

AKP Rita Sorcha kini bertugas Polda Metro Jaya. Dirangkum dari berbagai sumber, AKP Rita Sorcha sebelumnya menjabat Kasat Lantas Polres Lombok Timur Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). 


Sebelum bertugas di Lombok Timur, ia menduduki jabatan yang sama di Lombok Barat. AKP Rita Sorcha juga pernah menjabat di Subdit IV Ditreskrimum Polda NTB. 


Saat bertugas di Subdit IV Ditreskrimum ia berhasil mengungkap kasus striptis Metzo di kawasan pariwisata Senggigi. Bagi AKP Rita Sorcha, mutasi adalah hal yang biasa terjadi di institusi Polri. 


Namun mendapat penugasan di Polda Metro Jaya tentu merupakan sebuah tantangan besar, mengingat Jakarta merupakan Ibu Kota negara. 


Lulusan Akpol tahun 2013 itu mengawali karier kepolisiannya di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Anak bungsu dari empat bersaudara ini dikenal cukup aktif di media sosial, seperti Twitter dan Instagram. 


Dilansir dari SINDOnews.com, Selasa, 01 Februari 2022, AKP Rita rajin membagikan kegiatan-kegiatannya di kepolisian maupun kegiatan satuan tempatnya berdinas. Perempuan kelahiran Selong, Lombok Timur, 1 Juli 1992 ini bukan polwan biasa. 


Selain berparas cantik, Rita juga punya banyak prestasi. Rita Yuliana saat berpangkat Iptu pada tahun 2018 lalu menjadi satu-satunya perwakilan Polri yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, China. 


Program itu merupakan spesialis bahasa Mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia, serta Afrika. Rita saat itu menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). 


HSK adalah ujian standardisasi kemahiran berbahasa Mandarin bagi penutur asing yang hanya ditargetkan mencapai HSK level 3. Polwan cantik itu justru mendapatkan HSK level 4. 


Saat menjabat sebagai Kasat Lantas, ia juga menorehkan prestasi dengan menginisiasi pembuatan gerai vaksin di pelayanan Satpas SIM Polres Lombok Timur, yang pertama di Indonesia. Program tersebut pun menjadi role model untuk seluruh jajaran Kepolisian RI. 


Terobosannya itu membuat Rita diganjar penghargaan oleh Kapolda NTB saat itu, Irjen Pol Mohammad Iqbal. (SC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini