Pedagang Pasar Gambir Tebing Tinggi Ngeluh, Harga Tomat Melonjak Naik

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 14 Februari 2022 - 12:53
kali dibaca
Ket Foto : Pedagang pasar tradisional di Pasar Gambir, Kota Tebing Tinggi mengeluh harga tomat melonjak naik bila dibandingkan dengan harga sepekan lalu, Minggu (13/2/2022). 

Mediaapakabar.com
Pedagang pasar tradisional di Pasar Gambir, Kota Tebing Tinggi mengeluh harga tomat melonjak naik bila dibandingkan dengan harga sepekan lalu, Minggu (13/2/2022). 

Harga melonjak dari Rp 8 ribu per kilogram menjadi Rp.15 ribu per kilogram. 


"Harga tomat naik drastis dibanding pekan lalu. Hal ini disebabkan pemasok sedikit membawa tomat," kata seorang pedagang Pasar Gambir, boru Sihite. 


Dia mengatakan, bukan hanya harga tomat saja yang naik. Komoditas lainnya seperti cabai merah juga mengalami kenaikan dari Rp 26 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram, cabai rawit dari Rp 30 ribu menjadi Rp 40 ribu, dan bawang merah dari Rp 34 ribu menjadi Rp 39 ribu per Kg.


"Bawang putih saja yang tidak mengalami kenaikan, harganya turun dari Rp 36 ribu menjadi Rp 28 ribu per Kg," ucapnya. 


Akibat dari kenaikan harga komoditas tersebut, Boru Sinaga mengaku mengalami penurunan omzet penjualan per harinya. 


"Omzet penjualan turun drastis, tidak berani membuat stok dikhawatirkan membusuk," katanya. 


Sementara itu, seorang pembeli, Suminah mengatakan kenaikan harga komoditas seperti tomat mempengaruhi rasa masakan yang akan disajikan. 


Ibu rumah tangga ini juga berharap kenaikan tersebut segera diatasi. "Kedepannya dapat diantisipasi dalam menjelang hari keagamaan sehingga harga komoditas normal," ucapnya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini