Mark Zuckerberg Terlempar dari Daftar 10 Orang Terkaya Dunia, Ini Sebabnya...

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 04 Februari 2022 - 18:56
kali dibaca
Ket Foto : Mark Zuckerberg kehilangan kekayaannya hampir 30 miliar dolar AS atau Rp431 triliun dalam sehari karena merosotnya saham Meta pada Kamis (3/2/2022) waktu setempat. Ini mengakibatkan Zuckerberg terlempar dari daftar 10 orang terkaya dunia versi Forbes.  

Mediaapakabar.com
Mark Zuckerberg kehilangan kekayaannya hampir 30 miliar dolar AS atau Rp431 triliun dalam sehari karena merosotnya saham Meta pada Kamis (3/2/2022) waktu setempat. Ini mengakibatkan Zuckerberg terlempar dari daftar 10 orang terkaya dunia versi Forbes.  

Mengutip Forbes, saham Meta kehilangan lebih dari seperempat nilainya setelah perusahaan memperkirakan kinerja kuartalan lebih rendah dibanding proyeksi. Aksi jual menghapus 230 miliar dolar AS nilai pasar Meta.


Perhatian sebagian besar telah beralih ke dua hal. Salah satunya adalah penurunan pengguna harian Facebook selama kuartal IV tahun lalu. Facebook menyalahkan hal itu karena meningkatnya persaingan dari TikTok dan kenaikan biaya data internet di India. 


Ini adalah tanda terbaru dari perjuangan Facebook untuk mempertahankan dominasi selama satu dekade atas media sosial. Itu sudah lama terlihat jelas di Amerika, tetapi Facebook telah berhasil menembus penurunan di AS dengan pertumbuhan di luar negeri. 


Sekarang, masalah di dalam dan di luar negeri adalah kekacauan dua arah baru bagi perusahaan, yang masih bergantung pada iklan yang dijual di Facebook dan Instagram untuk sebagian besar pendapatan tahunannya sebesar 118 miliar dolar AS.


Ini terkait langsung dengan masalah kedua yang mengganggu investor. Zuckerberg telah mengalihkan fokus perusahaan ke teknologi augmented reality dan virtual reality, upaya untuk membangun jaringan sosial baru di sekitar gagasan metaverse untuk menarik pengguna muda.


Namun mencapai metaverse tidak akan menjadi perjalanan yang cepat atau murah. Chief Financial Officer Dave Wehner mengatakan, Facebook menghabiskan 10,1 miliar dolar AS untuk rencana tersebut pada tahun lalu dan mengharapkan peningkatan yang berarti pada tahun ini.


Zuckerberg dan Meta telah mengalami beberapa bulan yang menyedihkan. Yang terburuk bagi Zuckerberg secara pribadi, sebagian besar kekayaan bersihnya terpusat di saham Meta. 


Namun juga buruk bagi salah satu pendiri Facebook, Dustin Moskovitz yang mengalami penurunan 3,9 miliar dolar AS kemarin dan Eduardo Saverin yang kehilangan 4,2 miliar dolar AS, yang telah pindah dari Facebook tetapi mempertahankan saham signifikan dalam bisnis ini. 


Dengan penurunan tersebut, Zuckerberg tidak lagi menempati daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes. Dia saat ini berada di peringkat 12, di bawah orang terkaya Asia, Mukesh Ambani. Kekayaan Zuckerberg tercatat sebesar 84,8 miliar dolar AS atau Rp1.200,88 triliun.


Penurunan kekayaannya adalah salah satu kerugian satu hari terbesar di kalangan orang terkaya dunia. Kehilangan kekayaan terbesar dialami Elon Musk pada tahun lalu, dengan penurunan kekayaan mencapai 33 miliar dolar AS. (II/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini