Langkah Bobby Nasution Gunakan U-Ditch Harus Diapresiasi: Drainase Lebih Berkualitas, Pengerjaan Lebih Cepat

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 14 Februari 2022 - 12:56
kali dibaca
Ket Foto : Bobby Nasution saat meninjau pembuatan drainase.

Mediaapakabar.com
Sebagai upaya mengatasi banjir sekaligus  mengurangi titik genangan air, Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen  memasang U-Ditch yakni saluran dari beton bertulang dengan bentuk penampang huruf U pada saluran drainase. 

Hal itu dilakukan untuk menjadikan sistem drainase lebih berkualitas. Selain menambah ukuran drainase, pemasangan U-Ditch juga dapat menampung air dengan kapasitas yang lebih banyak.


“Pengerjaan U-Ditch ini kita lakukan sekaligus untuk mengkoordinir jaringan-jaringan yang ada di Kota Medan. Kita harapkan drainase yang sudah memakai U-Ditch, maka utilitasnya bisa diletakkan di bawah,” kata Bobby Nasution.


Menurut Bobby, penggunaan U-Ditch untuk saluran drainase memberikan manfaat  pencegahan banjir. Hasil pekerjaan dengan menggunakan drainase U-Ditch, lanjutnya, akan membuat air mengalir lancar.


“Pakai U-Ditch ini jadi lebih cepat pengerjaannya, lebih baik juga kualitasnya. Kita bikin drainase terbuka, jadi tak boleh ada bangunan diatasnya kecuali yang akses masuk. Jika pemasangan dilakukan dengan baik, aliran air akan lancar karena dimensinya lebih besar,” jelasnya.


Langkah Bobby Nasution memasangkan U-Ditch untuk saluran drainase diapresiasi Ir Melloukey Ardan MT, akademisi Bidang Manajemen Rekayasa Konstruksi Fakultas Teknik Sipil Universitas Medan Area (UMA). Selain menjadikan drainase lebih berkualitas,  kata Melloukey, pengerjaannya juga jauh lebih cepat.


“Langkah perbaikan drainase yang dilakukan  Pak Wali Kota dengan menggunakan U-Ditch harus kita apresiasi. Intinya, kita harus berikhtiar dan melakukan kerja keras dalam melakukan perbaikan drainase kota agar dapat berfungsi lebih optimal. Saya mendukungnya, sebab langkah yang dilakukan Pak Wali Kota sangat tepat,” ungkap Melloukey


Dikatakan Melloukey, Bobby Nasution sudah berupaya keras untuk mengatasi persoalan banjir dan titik air di Kota Medan. Sejumlah terobosan telah dilakukan, termasuk pemasangan U-Ditch pada saluran drainase. Dia berharap pemasangan U-Ditch yang dilakukan benar-benar diawasi sehingga sesuai dengan perencanaan agar hasilnya  sesuai yang diharapkan.


Kerja keras yang dilakukan Wali Kota dalam mengatasi persoalan banjir dan titik genangan air, kata Melloukey, harus didukung penuh masyarakat. Selain menjaga dan merawat U-Ditch yang telah terpasang,  ia pun berharap agar kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan, terutama ke dalam saluran drainase harus terus ditingkatkan. 


“Kita harus mendukung kerja keras Pak Wali mengatasi banjir dan mengurangi titik genangan air dengan tidak buang sampah sembarangan,” pesannya. (MC/DAF)


Share:
Komentar

Berita Terkini