Kecamatan Medan Timur Bersama Dinas PU Buat Lubang Kontrol Drainase

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 22 Februari 2022 - 16:15
kali dibaca
Ket Foto : Guna memudahkan perawatan drainase dan mencegah terjadinya penyumbatan saluran. Kecamatan Medan Timur berkolaborasi dengan Dinas PU dalam hal ini UPT PU membuat lubang-lubang kontrol drainase di jalan Madio Santoso.


Mediaapakabar.com
Guna memudahkan perawatan drainase dan mencegah terjadinya penyumbatan saluran. Kecamatan Medan Timur berkolaborasi dengan Dinas PU dalam hal ini UPT PU membuat lubang-lubang kontrol drainase di jalan Madio Santoso.

Dengan adanya lubang kontrol ini maka akan semakin memudahkan petugas untuk melakukan perawatan drainase sehingga dapat mengantisipasi terjadinya banjir akibat saluran drainase yang tersumbat.


Semangat kolaborasi ini ditunjukkan oleh jajaran Kecamatan Medan Timur bersama Dinas PU guna mewujudkan program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution di bidang penanganan banjir di Kota Medan.


Sebab Bobby Nasution ingin seluruh OPD dan Kecamatan dapat saling berkolaborasi untuk mewujudkan Kota Medan yang lebih baik lagi.


Sebelumnya banyak warga yang menutup drainase tersebut dengan menggunakan semen diatasnya. Hal ini menyulitkan petugas untuk melakukan pengontrolan dan pembersihan saluran sehingga dikhawatirkan dapat mengakibatkan terjadinya banjir.


Oleh sebab itu petugas menghancurkan penutup drainase yang sebelumnya dibuat oleh warga tersebut dengan menggunakan alat milik Dinas PU berupa Jack Hammer, dan selanjutnya petugas membuat lubang-lubang kontrol.


Selain membuat lubang-lubang kontrol drainase, dalam pengerjaanya itu petugas dari Dinas PU yang berjumlah 20 orang ditambah petugas P3SU dari Kecamatan Medan Timur yang berjumlah 30 orang  juga melakukan normalisasi drainase yang memiliki panjang lebih kurang 1.300 meter ini.


Secara bergotong royong para petugas membersihkan saluran drainase tersebut dari tumpukan sedimen, Petugas dari Dinas PU juga menurunkan satu unit alat berat berjenis loader untuk mengangkut sisa-sisa material hasil pengerukan drainase agar tidak menumpuk di jalanan.


Diperkirakan pengerjaan normalisasi drainase dan pembuatan lubang kontrol ini akan memakan waktu selama lebih kurang dua minggu. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini