Jelang Perayaan HUT, IWAPI Kota Medan Gelar Berbagai Kegiatan

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 04 Februari 2022 - 16:28
kali dibaca
Ket Foto : Pengurus DPC IWAPI Kota Medan.

Mediaapakabar.com
Menjelang perayaan HUT ke 47 Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya UMKM Expo, Pelantikan Ranting DPC IWAPI Kota Medan, Launching Aplikasi Jajan Medan, Lomba Foto, Lomba Fashion Show, Launching Koperasi yang digelar pada 10-13 Februari 2022 di Cambridge City Square Medan. 

IWAPI yang merupakan organisasi perempuan tertua di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara ini didirikan pada 10 Februari 1975 bertujuan menjadi organisasi perempuan pengusaha terbaik. 


Melalui misinya untuk memberdayakan dan memperkuat kaum perempuan dengan kegiatan usaha serta meningkatkan kemampuan anggota dalam mengelola usahanya. Seperti, mendapatkan akses teknologi baru, informasi tentang pemasaran dan pembiayaan. 


"Akan ada banyak kegiatan dalam perayaan ulang tahun IWAPI ini. Untuk syukuran ulang tahun ditandai dengan pemotongan tumpeng bersama pembina IWAPI, Kahiyang Ayu dan dihadiri oleh Walikota Medan, Bobby Nasution sekaligus launching aplikasi 'Jajan Medan'," kata salah satu anggota IWAPI Kota Medan, Rina Andini Rizki di Medan, Jumat (4/2/2022). 


Rina yang juga selaku PIC Lomba Fashion Show menjelaskan, dalam perayaan ini pihaknya juga menggelar fashion show dengan 2 kategori, yakni anak-anak usia 5-12 tahun dan remaja usia 13 sampai 21 tahun. 


Dia menuturkan, untuk lomba tersebut peserta wajib memperagakan fashion show sesuai dengan tema batik casual.


"Kegiatan fashion show sekaligus untuk memeriahkan perayaan ulang tahun dan nantinya bisa menggali bakat-bakat anak muda Kota Medan," tuturnya. 


Rina menjelaskan, untuk lomba fashion show tersebut penilaian yang dari kesesuaian tema dari busana yang dipakai, kreatifitas busana dan aksesoris ramah lingkungan, penampilan catwalk, memahami batik yang digunakan  serta penampilan keseluruhan dari peserta. 


Tidak hanya itu, peserta lomba akan mendapatkan hadiah bagi juara pertama berupa uang tunai sebesar Rp1 juta dan tropi, juara kedua uang tunai Rp700rb dan tropi dan juara ketiga sebesar Rp500rb serta tropi. Ada juga hadiah untuk pemenang Harapan 1,2 dan 3 hingga voucher belanja Mie Ayam Mahmud bagi seluruh pemenang lomba. 


Rina menambahkan, untuk pendaftaran lomba fashion show sampai tanggal 8 Februari 2022 dan bagi anak-anak yang memiliki kesenangan dalam bidang modelling bisa ikut serta dalam kegiatan ini.


Untuk juri fashion show di antaranya, Ketua IWAPI DPC Kota Medan, Ade Mora Nasution, Petra Zoe Khoman (Finalis Putri Cilik Indonesia 2021), Haira Yasmi (Finalis Putri Indonesia 2003).


Dalam perayaan ulang tahun tersebut, nantinya IWAPI juga fokus membentuk ekonomi kreatif agar terbentuknya perempuan mandiri yang dapat membantu bisnis keluarga. 


Selain itu, untuk pemberdayaan UMKM akan terus ditingkatkan. Apalagi selama pandemi akan memperkenalkan produk UMKM dan menciptakan ekonomi kreatif serta berpartisipasi dalam Medan Great Sales 2022. (IK)

Share:
Komentar

Berita Terkini