Hujan Guyur Kota Medan Seharian, Sungai Deli Meluap, Ribuan Rumah Terendam Banjir

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 27 Februari 2022 - 22:01
kali dibaca
Ket Foto: Hujan Guyur Kota Medan Seharian, Sungai Deli Meluap, Ribuan Rumah Terendam Banjir.

Mediaapakabar.com
Hujan mengguyur Kota Medan sekitarnya sejak Minggu (27/2/2022) siang hingga malam ini. Akibatnya Sungai Deli meluap sehingga membuat ribuan rumah warga di sepanjang tepian aliran sungai yang membelah Kota Medan itu terendam banjir.

Air sungai yang naik dengan cepat. Warga pun berusaha menyelamatkan diri dan barang-barang, seperti perabot, kulkas, televisi,bahkan tempat tidur.

 

“Astaga jam segini air sudah setinggi ini," kata Rini, seorang ibu rumah tangga di Kampung Aur Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun. 


Saat itu banjir sudah setinggi 1,5 meter dari permukaan Sungai Deli. Banyak rumah di tepi sungai tenggelam, malah air pun masuk ke dalam masjid yang terhitung tinggi di tengah pemukiman tersebut. Sungai mulai meluap sejak Minggu (27/2/2022) sore. 


"Sejak itu air terus naik hingga malam ini, apalagi hujan masih terus mengguyur," kata Budi, warga pemukiman yang sama.


Budi, yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan, menayangkan video siaran langsung banjir Sungai Deli itu di facebook.


Dalam videonya tampak luapan Sungai Deli dengan air berwarna kecoklatan merendam pemukiman di tengah Kota Medan itu. Menurut Budi, luapan Sungai Deli masih terus naik ke pemukiman.


Sabil, Kepala Lingkungan IV (Kampung Aur) mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan guna mengatasi dampak banjir di lingkungannya.


"Saat ini kami sedang membantu warga untuk evakuasi dan menyelamatkan barang-barang dari rendaman banjir," katanya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini