Warna Seragam Satpam akan Diubah Lagi dari Coklat Muda jadi Krem, Ini Alasannya

Media Apa Kabar
Kamis, 13 Januari 2022 - 21:01
kali dibaca

Foto: Seragam Satpam (istimewa)


Mediaapakabar.com
- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berencana mengubah lagi warga seragam satpam dari warna coklat muda menjadi warna krem. Saat ini, rencana itu tengah dikaji di institusi tersebut.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dilansir dari Okezone.com, Rabu (13/1/2022).

Ramadhan menjelaskan, rencana untuk mengubah lagi warna seragam satpam itu karena seragam yang sekarang mirip dengan seragam Polri. 

Kondisi itu menyebabkan kebingungan di masyarakat. Warga sulit membedakan antara seragam satpam dengan polisi.

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri. Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," ujar Ramadhan.

Dalam hal ini, Ramadhan menuturkan, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Terkait seragam itu, kata Ramadhan, nantinya akan dipastikan pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) satpam.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tutup Ramadhan.

Warna seragam satpam sendiri pernah diubah pada September 2020, dari warna putih-biru tua menjadi coklat muda mirip dengan seragam polisi.

Pada saat itu, warna seragam satpam diubah dengan tujuan untuk lebih menumbuhkan kebanggaan para petugas keamanan itu terhadap profesi mereka, serta lebih dekat dengan institusi pembinanya. (Mc/Oz)
Share:
Komentar

Berita Terkini