Walikota Medan Minta DHD 45 Sumut Ajukan 2 Mantan Gubernur Jadi Nama Jalan

REDAKSI
Rabu, 05 Januari 2022 - 19:26
kali dibaca
Ket Foto : Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution merespon usulan DHD45 Sumut untuk mengabadikan nama Mr.Teuku Muhammad Hassan Gubernur Sumatera Pertama dan Mr SM Amin Nasution Gubsu Pertama yang sudah menjadi Pahlawan Nasional sebagai nama jalan di kota medan.

Mediaapakabar.com
Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution merespon usulan DHD45 Sumut untuk mengabadikan nama Mr.Teuku Muhammad Hassan Gubernur Sumatera Pertama dan Mr SM Amin Nasution Gubsu Pertama yang sudah menjadi Pahlawan Nasional sebagai nama jalan di kota medan.

Hal ini dinyatakannya menjawab usulan dari Sekum DHD45 Sumut Dr Eddy Syofian M.AP pada acara Coffee Morning Walikota Medan dan Forkopimda Kota Medan bersama Forum2 Strategis ( FKUB,FKDM,FPK,) Ormas Keagamaan, DHC45, LVRI dan pimpinan OPD kota medan di Gedung Juang 45 Sumut Jalan Pemuda 17 Medan, Rabu, 5 Januari 2022.


Gelar Coffee morning Pemko Medan ini dilaksanakan di Gedung Juang 45 atas permintaan Walikota untuk mengingatkan perjuangan Generasi 45 yang menurut beliau tidak bisa dilupakan karena generasi 45 lah yang memerdekakan negara ini dan menyusun ideologi Pancasila dan UUD 1945.


"Semangat kebangsaan itu yang kita hadirkan untuk kita semua berjuang medan " ujar menantu Presiden Jokowi ini.


Sebelumnya Sekum DHD45 Sumut menyampaikan kepada Walikota Medan bahwa Pengurus DHD45 Sumut, LVRI Sumut,Kwarda.Pramuka Sumut bersama DHC45 Medan.serta sejarawan.dari USU dan UNIMED pernah mengajukan 2 tahun lalu usulan kedua nama Pahlawan Nasional dari Sumut ini sebagai nama jalan di kota Medan.


"Kami ingin masa kepemimpinan pak Bobby Nasution usulan ini bisa direalisasikan " ujar Eddy Syofian didampingi Ketua Bidang Infokom Dr H.Sakhira Zandi MSi.


Mayor Bejo Pahlawan Nasional


Dalam kesempatan tersebut, Dr Eddy Syofian M.AP juga meminta kepada Walikota Medan untuk mengusulkan Pejuang Medan Area Mayor Bejo sebagai Pahlawan Nasional.


Menurut Eddy, Mayor Bejo adalah Pemimpin Pasukan Perang Gerilya Medan Area sejak tahun 1942 sampai Agresi Belanda I dan II yang terkenal dahsyat peperangan tersebut. 


Di Indonesia, kata Eddy Syofian di hadapan Walikota Medan, ada 4 wilayah peperangan besar yakni, Perang 10 November di Surabaya, Perang Bandung Lautan Api, Perang Ambarawa dan Perang Medan Area yang tugunya berdiri kokoh di Jl Sutomo yaitu Tugu Apollo.


DHD45 Sumut, DHC 45 dan LVRI Kota Medan yang hadir di acara coffee morning ini juga mendukung usulan Bejo sebagai Pahlawan Nasional.


Walikota Medan mendukung usulan ini.dan berharap agar segera ditindaklanjuti dengan kajian akademis.


Usai acara Coffee morning DHD45 Sumut menyerahkan Cinderamata kepada Walikota Medan berupa duplikat Uang Republik 1949 (URIPSU), Uang Republik Tapanuli ( ORITA) tahun 1949 dan Uang Daerah Karo tahun 1947 sebagai alat tukar yang sah pada masa itu atas persetujuan Presiden Soekarno karena negara Pemerintah tidak memiliki dana untuk membantu pertempuran. (MC/Arf)

Share:
Komentar

Berita Terkini