Sepanjang Tahun 2021,197 Orang di Medan Meninggal Akibat Laka Lantas

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. (INT)

Mediaapakabar.com
Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang merenggut korban jiwa masih terbilang tinggi di Kota Medan. Sepanjang 2021, Satlantas Polrestabes Medan mencatat ada 1.329 kasus kecelakaan yang terjadi.

"Dari 1.329 kasus lakalantas, ada 197 orang meninggal dunia, 720 orang luka berat dan 854 orang luka ringan dengan kerugian material sekitar Rp2,6 miliar. Namun angka Lakalantas cenderung turun dari 1.628 kasus pada 2020 menjadi 1.329 kasus pada 2021,” kata Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar, Minggu, 02 Januari 2021.


Sonny menyebutkan, meski secara kuantitas mengalami penurunan, secara kualitas fatalitas kecelakaan tetap tinggi. 


"Terkait dengan kualitasnya masih tetap (tinggi) yaitu mengakibatkan meninggal dunia tahun kemarin 168, sekarang 197,” sebutnya.


Lanjut dikatakan Sonny, dibandingkan dengan persentase jumlah kecelakaan, kualitas kecelakaan pada tahun 2021 mengalami peningkatan. 


“Termasuk luka berat dan kerugian material (mengalami peningkatan) juga,” ungkapnya.


Ia mengimbau masyarakat khususnya pengendara untuk mengutamakan keselamatan dibanding kecepatan ketika berkendara. Selain itu, selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain.


“Patuhi rambu-rambu lalu lintas, jangan melakukan pelanggaran saat berkendara,” pungkasnya.


Sekadar informasi, salah satu peristiwa kecelakaan yang menggegerkan pada 2021, yakni kecelakaan maut di perlintasan kereta api di Jalan Sekip Medan, Sabtu (4/12/21) sore.


Salah satu angkot nekat menerobos palang pintu hingga tertabrak kereta api. Insiden itu mengakibatkan empat orang penumpang angkot meninggal dunia dan enam lainnya luka-luka. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini