Seekor Harimau di AS Ditembak Mati Usai Gigit Lengan Petugas

REDAKSI
Minggu, 02 Januari 2022 - 14:23
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi Harimau Malaya gigit lengan petugas di Florida, AS. (ANTARA)

Mediaapakabar.com
Seekor harimau di kebun binatang Naples, Florida, Amerika Serikat ditembak mati petugas pada Rabu (29/12/2021) malam lalu. Harimau tersebut ditembak usai menggigit lengan seorang petugas kebersihan melalui sela-sela kandangnya.

Pihak berwenang mengatakan bahwa Harimau Malaya jantan berusia delapan tahun itu menggigit lengan petugas kebersihan yang diduga "mengelus atau memberi makan" harimau tersebut.


"Keduanya merupakan kegiatan yang tidak sah dan berbahaya," kata kantor sheriff Collier County dalam sebuah pernyataan di Facebook dikutip dari AFP dari halaman CNNIndonesia.com, pada Minggu, 02 Januari 2021.


"Laporan awal menunjukkan bahwa harimau itu meraih lengan pria tersebut dan menariknya ke dalam kandang setelah pria itu melintasi pagar penghalang dan memasukkan tangannya melalui pagar kandang harimau," imbuhnya.


Petugas pertama yang tiba di lokasi kejadian "menendang kandang harimau tersebut dan mencoba membuat harimau melepaskan lengan pria itu dari mulutnya tetapi deputi itu terpaksa melepaskan tembakan ke arah harimau itu."


Petugas menyatakan bahwa setelah ditembak, harimau itu mundur ke kandangnya dan tidak bergerak.


Media AS kemudian melaporkan, mengutip pejabat kebun binatang, bahwa harimau bernama Eko itu telah tewas.


Sementara itu di situs kebun binatang Naples pada Kamis (30/12) diberitakan bahwa kebun binatang yang berlokasi di Florida, AS itu ditutup untuk penyelidikan. Pihaknya juga mengabarkan bahwa staf tersebut kini dalam proses penyembuhan dan didampingi oleh konselor.


Diketahui, petugas kebersihan dalam insiden ini masih berusia 20-an. Ia mengalami luka serius dan telah dilarikan ke rumah sakit.


Sedangkan Harimau Malaya bernama Eko diketahui telah menjadi bagian dari koleksi Kebun Binatang Naples, Florida AS sejak dua tahun lalu.


Harimau Malaya diklasifikasikan sebagai spesies Terancam Punah dalam Daftar Merah Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).


Di tempat lain, kejadian ini memicu puluhan komentar dari pengguna netizen yang menyerukan agar kebun binatang tersebut ditutup. Beberapa netizen juga mengkritik petugas kebersihan atas tindakannya.


"Jadi beberapa orang idiot telah merenggut nyawa harimau? Sangat menyedihkan," kata salah satu netizen di kolom komentar unggahan Kebun Binatang Naples soal penutupan.


Sementara itu, netizen lain mengatakan bahwa tindakan itu dilakukan karena tidak ada pilihan lain.


"Jika itu adalah anggota keluargamu.. apakah aman atau tidak, kamu akan sangat marah jika petugas tidak melakukan apa-apa... Mereka terkutuk jika melakukannya dan terkutuk jika tidak," tulis netizen lain. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini